Nama dan Nomor Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu 2009

Semenjak reformasi digulirkan, parpol (partai politik) di Indonesia tumbuh subur bak jamur di musim penghujan. Kalau jamur aktif di musim hujan, maka biasanya parpol akan aktif di musim pemilu. Setelah musim penghujan berlalu, biasanya jamur akan menghilang. Nah, sama! Setelah musim pemilu berlalu, biasanya parpol juga bakal banyak yang ngilang. Miris….!

Terlepas dari itu semua, akhirnya kita bisa tau nama-nama dan nomor urut parpol yang bakal berjuang di pemilu 2009 nanti. Berikut ini nomor urut dan nama parpol peserta pemilu 2009 :

1. Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA)
2. Partai Kebangkitan Peduli Bangsa (PKPB)
3. Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (P-PPI)
4. Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN)
5. Partai gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
6. Partai Barisan Nasional
7. Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI)
8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

9. Partai Amanat Nasional (PAN)
10. Partai Perjuangan Indonesia Baru (PPIB)
11. Partai Kedaulatan
12. Partai Persatuan Daerah (PPD)
13. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
14. Partai Pemuda Indonesia
15. Partai Nasionalisme Indonesia-Marhaenisme (PNI-Marhaenisme)
16. Partai Demokrasi Pembaruan (PDP)
17. Partai Karya Perjuangan (PKP)
18. Partai Matahari Bangsa (PMB)
19. Partai Penegak Demokrasi Indonesia
20. Partai Demokrasi Kebangsaan
21. Partai Republika Nusantara (RepublikaN)
22. Partai Pelopor
23. Partai Golongan Karya (Golkar)
24. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
25. Partai Damai Sejahtera (PDS)
26. Partai Nasional Benteng Kemerdekaan Indonesia (PNBKI)
27. Partai Bulan Bintang (PBB)
28. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
29. Partai Bintang Reformasi (PBR)
30. Partai Patriot
31. Partai Demokrat (PD)
32. Partai Kasih Demokrasi Indonesia (PKDI)
33. Partai Indonesia Sejahtera (PIS)
34. Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU)

Dari 34 partai politik tersebut, terdapat 16 parpol lama (PAN – PBR – PBB – PDS – PDIP – PDK – PD – Golkar – PKPB – PKPI – PKS – PKB -PNI marhaenisme – P Pelopor – PPDI – PPP) dan 18 parpol baru (Partai Barnas – PDP – Gerindra – Hanura – PIS – PKP – PKDI – PKNU – P Kedaulatan – PMB – PNBK – P Patriot – PBRN – PPI – PPPI – PPIB – PPD – PRN).

Banyaknya parpol peserta pemilu, bisa jadi malah membuat bingung masyarakat. Apalagi motif pendirian partai masih menjadi tanda tanya besar di masyarakat pada umumnya. Pendapat miring di masyarakat biasanya berpendapat bahwa “parpol-parpol itu cuma nyari uangnya aja…!“. Saya sendiri sebenarnya pesimis bahwa banyaknya partai akan memperbaiki keadaan rakyat, tapi saya masih menyimpan harapan terhadap parpol-parpol tersebut, saya percaya bahwa tidak semuanya seperti itu. Semoga parpol-parpol yang ikut pemilu bisa menjadi saluran yang baik untuk aspirasi rakyat. Semoga mereka tidak hanya mementingkan golongannya saja, apalagi hanya berorientasi pada uang semata ! semoga tidak!

Gimana, apa parpol jagoan temen-temen masuk dalam daftar nama tersebut….? atau, seperti yang sedang diwacanakan masyarakat umum sekarang ini,  temen-temen lebih memilih untuk golput (golongan putih) alias tidak memilih  ….? Kembali ke pribadi masing-masing. Jangan sampai salah menentukan sikap. Salam… ^_^

==================================================================
sumber:

http://www.detiknews.com/read/2008/07/07/230220/968350/10/daftar-34-parpol-nasional-yang-lolos-jadi-peserta-pemilu-2009#econ

http://forum.detik.com/showthread.php?p=3227833

http://www.detiknews.com/read/2008/07/09/153445/969497/10/daftar-nomor-urut-parpol-hanura-1-pan-9-pkb-13

http://www.berpolitik.com/viewnewspost.pl?nid=14046&param=EenBHGGThGkvY0GWnHEG

About these ads

37 thoughts on “Nama dan Nomor Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu 2009

  1. Iya, jumlah parpol caloon peserta pemilu makin banyak, tapi jumlah calon pemilihnya malah berkurang. Sudah banyak yg merasa kapok ikut pemilu. Cuma dibohongin aja sih.

  2. nambah banyak ya?
    wedew
    saya pilih yang jadi pilihan saya kemaren deh..
    hayo apaaaaa?????
    ya resikonya paling kecil
    yang mudah2an membawa perbaikan untuk semua.. :lol:

  3. Ping-balik: Wydarzenia » Nama dan Nomor Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu 2009

  4. Ping-balik: Wydarzenia » Nama dan Nomor Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu 2009

  5. partai golput ga lolos verifikasi ya :P

    makin bingung aja nih milih parpol,, banyak parpol berarti banyak kepentingan…

    *kabur mode=ON takut di sambit orng parpol

  6. Ping-balik: Wydarzenia » Blog Archive » Nama dan Nomor Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu 2009

  7. upz..untuk para blogger yang pada bingung mo pilih partai apa..?.. bisa ikutin jejakku aja..pilih partai Barnas aja..karna Barnas sebenernya bukan partai baru tapi Barnas BAru partai.
    *bukan kampanye kok..cuma berkata apa adanya*

  8. @Harjo
    Yang sabar ya mas… semoga ada hikmahnya

    @Dino
    jangan bingung ah mas,,, mendingan liat track record partainya. Liat juga prilaku para elitnya. jangan lupa, liat kontribusinya pas masa bukan pemilu

    @Faradina + emfajar + kumanz
    hehehe,,, makanya jangan salah pilih mas :-)

    @nengthree + aRul + ratutebu + Sir Arthur Moerz
    yupz.. sok atuh… ^_^

    @geiztia
    mksh masukannya :-) tp sy ga bingung buat milih partai kok ^_^

    @Singal
    Iya euy, pertandingan makin ramai. Pasti dananya gede banget ya.
    Wah, kurang tau jg tuh mas…

  9. Kalau bisa jangan golput, rugi dah disediain kertas tuk di coblos ko malah ga dipake, mending dikumpulin yang golput, kertasnya diambil trus diloakin, kan dapet uang.. hehe :D

    denger2 ko banyak yg ngomongin surat Al Anfal (rampasan perang) apakah ada hubungannya dengan Pemilu 2009? akankah terjadi perang partai

  10. banyak partai..?calon presidenya itu2 aja?ga usah banyak2 partai..rakyat ga pusing,uang rakyat juga ga keluar banyak?banyak parta..apa mereka hanya cari duit aja…heheh

  11. Ping-balik: Tentang ParPol (bag 1) « Tarian Keyboard

  12. Semoga menjadi pembelajaran berpolitik untuk kita semua,
    Yang penting jangan sampai tidak menggunakan hak suara, itu sama saja tidak ingin negara ini berubah menjadi lebih baik….
    pilih dgn hati nurani…lihatrealita yang ada…
    Baru ‘contreng’ pilihan terbaikmu…
    Dan tetap lakukan perbaikan dari hari ke hari terutama untuk diri kita sendiri terlebih dahulu….
    Sedikit demi sedikit pasti akan menjadi bukit….
    InsyaAllah HARAPAN ITU MASIH ADA…..

  13. Hmmm… makin banyak partai mmg semakin membingungkan,, tp bukan berarti qt kapok untuk memilah partai, karna setidakny at tdk membiarkan negara qt dibiarkan semenamena, qt semua yg menginginkan keadilan, perbaikan, dan kesejahteraan harus yakin, bahwa (insyaalloh) harapan itu masih ada..

  14. lebih baik menggunakan hak suara kita..
    dari pada yang dipilih itu orang-orang gak bener, bisa jadi dengan golputnya kita membuat negara ini malah mendapatkan pemimpin yang dipilih sama orang-orag yang gak bertanggung jawab lagi..
    gimana kalo orang2 yang masih berfikir jernih (memilih bukan karena uang) punya pikiran yang sama untuk golput???? habis lah sudah…

  15. hehehe…
    Sapu Lidi aja, biar kuat harus di ikat dulu jadi satu.. Baru bisa di pake beres2 halaman rumah yang kotor. kalo sapu lidi itu, gagh di iket, susah nyapunya Om.

    Semakin Banyak Partai, Tidak menutup kemungkinan, akan menimbulkan Banyaknya pesanan catering dan Snack.

    Selamat bwat para pengusaha Catering dan Snack (dapat banyak orderan nih).

  16. Untuk para ParPol peserta Pemilu 2009, tolong jangan mengumbar Janji yang G pasti. karna rakyat Indonesia Butuh perubahan yang signifikan, yang nyata, bukan hanya bualan belaka ajah. Karna Saya sebagai pelajar dan sebagai rakyat Indonesia butuh Bukti yang nyata Untuk Kemajuan Indonesia dimasa yang akan datang. KAMI SEMUA BUTUH BUKTI BUKAN JANJI.

  17. OLOH2….OHOK…..
    BANYAK BANGET TUH COMPETITORNYA JENG…
    BERAPA BANYAK KERTAS SUARA YANG DICETAK..
    BERAPA BANYAK HUTAN YANG DITEBANG…
    HUUU….CPAEK DEH…

    COBA DIGANTI SISTEM ELECTORAL Y6ANG MODERN YA PEMILU DI INDONESIA NIH…

    OMG2x!!!!PLEASE DEH NEK
    LISTRIKNYA AJA G CUKUP BUAT 22OJUTA RAKYAT INDONESIA YANG MENYAMPAH AJA DI BUMI NIH!!!
    OLOH2X…. OHOK….

  18. banyak partai bikin bingung,susah di tebak mana yang bner ya??? habis smuanya pada janji mulu,tapi dah janji pemimpin laen lagi? kasian kan masyarakat yang dah mati2an bela2in tapi ternyata gak ada apa2nya. nyebelin…gt!!!! gue fikir gak ada partai yang bener…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s