Nama dan Nomor Partai Politik Peserta Pemilu 2014

Hari ini KPU mengundi nomor urut dan nama partai politik peserta pemilu 2014. Berikut hasilnya:

1. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)

2. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

3. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Baca lebih lanjut

Tentang ParPol (bag 1)

Udah hampir sebulan semenjak KPU mengumumkan nama-nama partai politik (parpol) peserta pemilu 2009. Udah hampir sebulan juga saya berencana untuk memberikan pandangan (emang siapa saya…? hehehehe) terhadap parpol-parpol itu.

Well, siapapun boleh berpendapat tentang partai-partai itu, saya salah satunya ^_^. “Ga’ nyasar nih, masa’ anak teknik ngomentarin kayak ginian…?”, Ya enggak donk, apapun jurusannya, teteup merhatiin perkembangan. Yah, jadi engineer yang politikus kan ga’ salah hehehe

Ok, pembagiannya singkat aja (maklum, ga’ suka yang ribet-ribet), parpol-parpol tersebut saya bagi jadi dua : parpol agamais n’ parpol non-agamais. Lho, kok gitu…? iya, supaya singkat aja. Tadinya sih mau ngebagi partai baru dan partai lama, tapi kuatir nti menimbulkan kesan senioritas-junioritas ^_^ , udah kayak ospek di kampus-kampus aja, jadinya ga jadi deh.

Ok, kita mulai ya…. ^_^ Baca lebih lanjut

Nama dan Nomor Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu 2009

Semenjak reformasi digulirkan, parpol (partai politik) di Indonesia tumbuh subur bak jamur di musim penghujan. Kalau jamur aktif di musim hujan, maka biasanya parpol akan aktif di musim pemilu. Setelah musim penghujan berlalu, biasanya jamur akan menghilang. Nah, sama! Setelah musim pemilu berlalu, biasanya parpol juga bakal banyak yang ngilang. Miris….!

Terlepas dari itu semua, akhirnya kita bisa tau nama-nama dan nomor urut parpol yang bakal berjuang di pemilu 2009 nanti. Berikut ini nomor urut dan nama parpol peserta pemilu 2009 :

1. Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA)
2. Partai Kebangkitan Peduli Bangsa (PKPB)
3. Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (P-PPI)
4. Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN)
5. Partai gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
6. Partai Barisan Nasional
7. Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI)
8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
Baca lebih lanjut