Berbagi Tips n’ Trik mengatasi ngantuk di kelas

 

Anak kuliahan sering banget ngantuk pas kuliah. Alasannya macem-macem sih, ada yang karena semaleman ngerjain TP (Tugas Pendahuluan) praktikum, ada yang semaleman nyelesain baca buku (komik, novel, kumpulan cerpen, dan buku2 lainnya), ada yang semaleman nyelesain games kesayangannya, ada yang semaleman chatting, dan ada juga yang semaleman kelayapan kayak kalong ama temen2nya. Yah, intinya sih satu,K-U-R-A-N-G__T-I-D-U-R!

SO, gimana ngatasin rasa kantuk itu . . .?

Solusi pertama, dan mudah-mudahan ini yang terbaik, adalah dengan menambah waktu tidur. Tapi inget, tidurnya harus tetep dalam proporsi yang ‘cukup’, bukan berlebihan. Soalnya klo berlebihan, bisa-bisa malahan tambah ngantuk, bukannya ngebuat segerrrr…

 

Aduh, sorry ye,.. gw aktivis tulen nih. Setiap waktu bagi gw adalah berharga. Dari pagi sampe malem, kerjaan gw klo ga rapat, demo, ya ngerjain suatu kerja nyata untuk ngebangun umat. So, gimana donk ? lu bisa ngebayangin donk klo gw nambah waktu tidur gw, apa kata dunia ?! bisa terbengkalai semua kerjaan gw.

 

Nah, untuk yang sehari-harinya aktif banget. Temen-temen bisa nyoba beberapa tips di bawah ini (semoga bisa mengurangi rasa kantuk)

Makan permen

Ini cara yang gw dapetin sejak gw SMP. Dengan kita makan permen, lidah sebagai indera pengecap mengirimkan berita ke otak tentang rasa permen yang kita makan. So, otak ngerespon donk. Nah, yang tadinya mata kita udah redup karena ngantuk, mau ga mau dipaksa ama otak untuk melek lagi, soalnya otak lagi bekerja buat melakukan pewacanaan di diri kita, misalnya : “azzzeeekkk, rasa permennya enak coy! Suka gw! Sok atuh, terusin ngemut permennya ^_^”.

Cara ini lumayan efektif, tapi biasanya ketika kita ngebuka bungkus permen yang terbuat dari plastic, maka akan menimbulkan suara “kresek-kresek” dan itu akan menarik perhatian temen-temen di sekitar kita. Nah loh, klo ga ngasih kan ga enak juga ^_^. So, klo emang cuma bawa satu permen, buka bungkusnya pelan-aja, supaya temen-temen kita ga pada ngiler hehehe

 

Cuci muka or (pokoknya) segera keluar dari kelas

Ini juga cara klasik. Waktu temen-temen semua ngerasa ngantuk di kelas, langsung aja izin ke kemar mandi buat mandi, eh salah ding (hehhehe), buat cuci muka maksudnya. Di kamar mandi, langsung aja bilas muka dengan air. Selain itu, coba deh kumur-kumur + ngebersihin hidung pake air, kayak pas kita wudhu. Selain itu, basahin juga rambut bagian belakang kepala kita. Tambahan, klo bisa leher juga ikut dibasuh dengan air, termasuk tengkuk.

Jangan lupa bawa sapu tangan, atau minimal tissue, buat ngelap air yang di leher (termasuk tengkuk) supaya baju yang kita pakai ga basah. Lagian, tengsin juga klo basah-basah masuk ke kelas.

Tapi sebenernya sih, cara ini ga bertahan lama klo kita emang bener-bener ngantuk beratz. Paling cuma bertahan antara 10-30 menit. Setelah itu mata kembali meredup dan kita siap berakting untuk menyembunyikan ngantuknya kita. Masa’ sie mau bolak-balik ke kamar mandi . . .? kan klo keseringan malu juga ^_^

Or klo kuatir terlalu basah (keliatannya) karena abis cuci muka. Maka temen-temen ga mesti cuci muka, cukup keluar ruangan setelah itu menikmati pemandangan di luar kelas.

 

Ngeliatin temen-temen di sekitar kita

Temen adalah inspirasi. Yupz, setuju banget. Kadang-kadang pas kita bakalan timbul rasa geli pas ngeliat muka serius temen kita atau ngeliat kepala temen kita yang manggut-manggut bukan Karena ngerti apa yang dijelasin dosen, tapi karena ngantuk (juga). Biasanya kita langsung ngebandingin dengan diri kita. Ooooh, ternyata klo ngantuk itu gitu ya. Ih, malu yaaaa….

tapi awas! tetep jaga pandangan!

 

Saling menggosokkan telapak tangan lalu tempelkan ke mata

Jika kantuk datang menyerang, saling gosokkan ke dua belah telapak tangan sampai timbul rasa panas. Setelah itu, tempelkan dua belah telapak tangan (yang masih hangat itu) ke mata (tentunya mata yang terpejam ya, klo matanya ga mejem, bisa2 kecolok hehehehe).

 

Bertanya kepada dosen atau temen

Nah, ini mungkin cara yang paling efektif dan efisien buat ngilangin ngantuk di kelas. Dengan bertanya, kepada teman terlebih lagi dosen, maka akan membuat diri kita berpikir lebih keras tentang pelajaran itu. Apalagi klo nanya sama dosen, dijamin deh lebih cepet memenangkan pertarungan melawan kantuk. Soalnya untuk nanya ke dosen, selain menyiapkan pertanyaan yang berbobot (kan malu ama temen klo pertanyaannya ecek-ecek), tentunya juga harus menyiapkan mental lebih. Bayangin aja, untuk bertanya kepada dosen, kita harus terlebih dahulu member tanda kepada dosen tersebut agar dosen tersebut tahu bahwa kita ingin bertanya, ini artinya kita butuh keberanian. Setelah diizinkan bertanya, suara kita saat bertanya harus bisa terdengar jelas. Soalnya klo pertanyaannya gak jelas, maka dosen akan meminta kita untuk mengulangi pertanyaan lagi. ini (pun) artinya butuh keberanian. Belum lagi klo dosennya balik nanya ke kita tentang pendapat kita. Nah looohhh,,,, ini bener-bener ngebuat kita langsung menang melawan kantuk. Ya, semoga saja ^_^

semoga kita bukan orang yang senantiasa tertidur. Karena orang yang tertidur, hanya akan memperoleh mimpi.

38 thoughts on “Berbagi Tips n’ Trik mengatasi ngantuk di kelas

  1. tips lu ok juga di.. tapi untuk yang ‘makan permen’, kayaknya lebih baik dikurangi deh.. gw pernah nonton di TV, dijelaskan tentang pengaruh permen terhadap tulang.. jadi intinya, konsumsi permen dapat menyebabkan tulang keropos.. permen yang kita konsumsi menyerap kalsium dalam tulang kita.. termasuk kalsium pada tulang belakang.. nah, bisa dibayangkan dong kalo kita terlalu banyak mengkonsumsi permen… kurang lebih, seperti itulah informasi yang aku dapat dari TV…

  2. jujur aja yah!!!semenjak kuliah,gw sering ngantuk di kelas.mgkin krn pengaruh AC atw gimana.tapi,suerrrrrr nyebelin banget.gw udah coba semua cara.sarapan minum kopi,habis sholat subuh gak bo2 lagi,pokokx smuanya!!!.tapi klu gw solat dhuha,gw gak bakalan ngantuk di kelas.nah….,coba deh praktein cara gw yg 1 ini.dijamin sucses

  3. hmm.. ok juga tuh. Biasanya emang klo abis sholat dhuha jadi seger, soalnya kan sebelom sholat wudhu dulu. ok, thnx masukannya. Klo ada masukan lagi, sok atuh ditambahin… ^_^

  4. Gw uda praktekan semua tips di atas, ga ngaruh ama gw. Gw selalu masuk kelas dalam keadaan segar bugar dan tidak mengantuk, tapi begitu dosen mulai memberikan kuliah, nah mulai deh tu ngantuk berat,permen, cubitan, cuci muka n ngeliatan temen cuma buat gw sadar paling lama 5 menit, n selebihnya kembali ngantuk. Tapi begitu kuliah selesai, gw jadi segar lagi. Anehnya, kalo selama kuliah gw ngobrol, gw ga akan ngantuk, n begitu gw tutup mulut, mata gw juga minta ditutup, Parah Kan!!!!! N keadaannya selalu begitu untuk setiap mata kuliah n setipa kuliah yang gw hadiri, jd praktis gw dateng cuma buat absen, n ketemu temen doank.

  5. hmmm… gitu ya… saran gw sih lu nanya ke dosen. biasanya sih, pas kita mikirin pertanyaan buat si dosen, itu juga udah ngebuat kita ga ngantuk. Nah, pas ngangkat tangan buat nanya, itu ngebuat lebih ga ngantuk lagi. Trus.. . pas dosen ngasih jawaban sekaligus ngeliat ke muka kita… biasanya kita jaim donk klo terlihat ngantuk. cuma masalahnya… pada mau nanya ga nih … .. ^_^

  6. kalo ngeliatin temen2, takutnya pada GR, … kayaknya salah satu solusi yang bisa buat ngilangin ngantuk di kelas adalah tidur 15 menit, trus masuk kelas lagiiiiii………..

  7. gara2 keseringan makan permen untuk nahan ngantuk, gigiku jadi sering sakit. nah lo
    saya pernah baca artikel tentang kesehatan, kalau ngantuk bisa juga disebabkan badan leelah atau tidak makan makanan bergizi.
    coba deh kalau pas ngantuk berat, ngisepin vix inhaler yangbiasa buat hidung mampet itu. rasa segarnya bikin mata melek

  8. Kalau gak mau ngantuk saat kuliah harus cukup tidur, mandi air dingin dulu, tertarik pada mata kuliahnya atau dosennya, duduk dibaris paling depan hingga makan permen KOPIKO atau main2 dengan Emotipack permen KIS.

  9. wahh..kykny gw stuju bgt sama mischele..kan yang ngantuk biasanya gk cm qt sndiri,suruh aja temen qt nampar tmen yg lg ngntuk, djamin gk hnya kamu yg gk ngntuk lg tp smw temen2 yg ngantu atw mlah lg tidur bkal kbangun n nonton ptunjukkan brantem dlu..habis namparnya sekuat tnaga sih..hehehe..

    eh mau dong tips klo ngantuk d rumah..biz klo drumah gw bwaanny mo tidur mulu..

  10. Saya juga sering ngantuk nih kalo di kelas, sering tidur malah.
    Padahal tidur saya bisa berjam-jam baik siang maupun malam. Kenapa ya??😀

    eniwei, kayaknya tips nya usefull banget nih, tapi sayang gw dah gak ngambil kelas kuliah lagi…😀

    Salam kenal.🙂
    Jangan lupa mampir ke mari…🙂
    http://anggayasha.wordpress.com/

  11. kalau cuma itu udah aku cobain semua.. tapi ada juga yang berguna untuk sementara..
    1. jewer kedua telinga
    waktu ngantuknya udah ngelewati batas biasanya aku pake cara itu. but eveknya cuma beberapa detik

    2. basuh alis ama es batu
    itu caraku yang lain cuma emang g bisa di lakukan di kampus. g mungkin kita bawa-bawa kantung es ke dalam kelas. kelemahannya kalo alis udah kering biasanya pelan-pelan ngantuk lagi.

    jadi coba aja satu-satu..
    tapi ada salah satu cara yang aku setujui di atas yaitu makan permen.. tapi g sembarangan permen.. kalo permen kopi, mentang-mentang itu kopi g selalu punya pengaruh. aku justru lebih pilih permen mint.. apalagi yang super mintnya.. bikin adem and lebih konsentrasi..

  12. @emha
    klo mau tidur, usahain tidurnya siang hari aja. jangan sore hari.
    soalnya sore tuh waktu tidur yang paling buruk. klo tidur sore hari, biasanya kita jadi males bangun, ngebuat pusing kepala juga. trus kadang2 pas bangun, kita jadi linglung gt, ga tau ini nih pagi or malem ya…

    nah gt sih klo kata gw mah…

  13. ass.
    sya mo tanya,saya suka ngantuk dikelas pas guru2 tertentu aja.knp yah????
    gmn cara ngatasinya????
    thank’s
    was.

  14. okeh juga tapi untuk cuci muka pernah aku lakukan tapi tetap ngantuk.apakah ada resep lain mungkin menghindari makanan apa gitu?

  15. beneeer bgd tips yang terakhir, tanya sesuaru ke dosen…aplagi klo pertanyaanya ngawur waduh bakal diomelin kan…nah pas diomelin itu rasa ngantuk kita bener2 ilang, coba deh buat lucu2an ke temen2 supaya yang lain juga ikut ga ngantuk lagi..

  16. arrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrgggggggggggggggggggggggggggggggggghhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh tetep ngantuk

  17. subhanallah, emang Allah itu sangat perhatian pada hambaNya, sehingga rasa kantuk pun ada obatnya,,,
    doakan ana nih, ana paling sering ngantuk di kelas, palagi kalo asatidzahnya ngajar dengan suara lembut,,,

  18. klo kamu ngantuk banget, coba kamu ambil dompet, buka dompetnya, ambil uangnya, trus hitung uang kamu, yang receh ada berapa??…

  19. ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????tetep ngantuk !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!11111111

  20. sjk SMA gw sering ngantuk di kelas, gw dah nyoba mkn permen tp gak ngefek malah permen gw di mintai ma tmn2 gw, liatin temen atau dikagetin tmn ttp aja ngantuk lg,, nah tuk yg mesdti cuci muka gw paling mlz kluar kls coz biasanya jd perhatian apalagi suasana kls lg srius tambah lg kudu cuci muka mlz bgt bs luntur make up gw. Ada saran yg lbh jitu gak????

Tinggalkan Balasan

