Saddiiieezzz, Ujian dah Kayak Minum Obat

weeiiiitttz, hari ini (Sabtu, 3 November 2007) gw mecahin rekor ujian (UTS n’ UAS) gw selama di ST3. Biasanya mah gw ujian maksimal 2 kali sehari, tapi kali ini. . . gw ujian 3 kali sehari! dah kayak minum obat aja ya . . .^_^

Bedanya nih ya, klo minum obat tuh 3 kali seharinya pake jeda waktu yang agak lama. Misalnya nih ya, pagi pas sarapan, siang pas makan siang, n’ malem pas makan malem or mau tidur. Lah ini, ujian berturut-turut . . . pagi jam 8, agak siang jam 11, n’ siang jam 13.30.

Teruzzz,,, ujiannya sukses . . . ? huuuaaaaa, no comment! gw ngerasa ga maksimal di tiga mata kuliah ini. Konsen gw kebagi-bagi.

Yah, berbagi tips aja, supaya pas mau ujian bisa lebih bagus lagi. Paling ga kita kudu ngelakuin hal-hal berikut ini :

Siapin Materi, mulai dari catetan ampe contoh soal, juga soal quiz yang pernah keluar n’ tentunya jangan lupa soal ujian (UTS n’ UAS) tahun2 sebelomnya. Sebaeknya sih 1 minggu sebelom ujian dimulai, materi dah beres disiapin (walaupun belom dibaca ^_^ ). Paling ngga’, ini nandain klo kita siap tempur.

next . . .

Istirahat yang cukup. Ini penting banget. Kalo’ istirahat kita ga cukup, hal ini bakal ngefek banget ke konsentrasi dan daya tahan tubuh. Kalo bisa sih hindarin begadang semaleman, percuma donk materinya dah dibaca ampe setengah idup (bukan setengah mati), eeeeh, ternyata pas mau ujian ngantuk berat. kan sayang banget.

oiya, istirahat yang cukup itu ga identik dengan istirahat yang lama. Pernah kan kita dah tidur selama 8 jam, tapi ternyata kondisi badan masih 3L (lemah, lesu dan letoy) ? Nah, ini karena emang waktu istirahat yang cukup ga identik dengan waktu tidur yang lama. Tapi pernah kan, cuma tidur 30 menit doank, kok kayaknya nih badan udah seger banget ya ^_^. Klo ini, berarti tidurnya yang efektif. Saran nih, klo bisa kita tidur setelah lelah. So, klo ga lelah, ya jangan dipaksain buat tidur.

next . . .

Makan yang teratur. Ini juga penting buat kita. Gimana mau konsen belajar klo perut keroncongat. Yang perlu diinget, makan yang teratur itu ga’ identik dengan makan yang banyak. So, makanlah sesuai porsi, jangan kekenyangan dan jangan juga ampe kelaperan.

next . . .

Ikut responsi ? Ok, tapi setelah membaca konsep. Ikut responsi sebelom belajar sama sekali, hal ini ngabisin banyak energi. Selaen itu, kita berpotensi untuk menghambat jalannya responsi. Bayangin aja, kita sedikit-sedikit bakal nanya. Kan katanya malu bertanya sesat di jalan, tapiiiiii banyak bertanya (lemot) kan malu2in ^_^

next . . .

Ontime. Usahain dateng tepat waktu pas ujian. Supaya kita ga tergesa-gesa, n’ nafas bisa diatur. oiya, klo udah terlanjur telat, (klo untuk masuk ke ruang ujian ga dibatesin oleh waktu, kayak di STT Telkom contohnya ^_^ ), ga usah langsung buru-buru, jangan pake lari-lari, cool aja. Usahain ngatur nafas n’ perasaan, supaya apa yang udah dipelajarin ga nguap ke langit yang tinggi, alias lupa.

next . . .

Doa. Jangan pernah ninggalin doa. Doa ini kekuatan kaum beriman coy. Usaha yang bagus, bakal lebih berkah lagi klo diiringi dengan doa. Allahumma yassirna wa laa tuassirna . . .

next . . .

Tulis identitas yang jelas. Jangan pernah lupa buat ngelakuin hal ini. Soalnya percuma jawaban kita dah sesempurna apapun, klo ga ada identitasnya. . .? Nah loh, gimana mau dapet nilai T_T.

next . . .

jangan terpengaruh ama temen yang udah selesai duluan. Cool aja men! Ga peduli orang-orang udah hilir mudik karena udah selesai ujian, kita jangan terpengaruh selama kita masih ngerjain soal. Selesai duluan itu bukan jaminan nilainya paling bagus!

Nah. . . ini cuma sebagian aja ya. Yang laennya bisa nyesuain ama kebiasaan masing2. Tapi dari itu semua, rajin-rajinlah buat nyicil belajar. Jangan pake SKS ( Sistem Kebut Semalam, apalagi Sistem Kebut Se-jam). Inget! Persiapan yang baik adalah kunci keberhasilan.

Yupaaaa, semoga beruntung ya . . . n’ Teteup semangat ^_^

5 thoughts on “Saddiiieezzz, Ujian dah Kayak Minum Obat

  1. heheehhe… ujian 3 generasi alias 3 angkatan. beeuuggghhh… nih leher jadi pegel2 euy, dari pagi soalnya nunduuuk terus (ngebaca soal T_T)

    weitz… makan2 dalam rangka apaan neee…
    ayo2, makan2, asri yang bayarin hehehehe ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s