Website Apalagi Korban Selanjutnya . . . ?

depkominfo-deface.jpg golkar-deface.jpg

Begitu UU ITE (Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik) disahkan, website pemerintahan dideface oleh “dedemit maya”. Tidak tanggung-tanggung, website yang menjadi sasaran deface adalah website departemen paling IT di pemerintahan Indonesia, ya itulah dia website Depkominfo (Departemen Komunikasi dan Informatika).

Si Dedemit Maya memang tidak mengubah header dari website Depkominfo itu, tapi dia “mempercantik” body website tersebut dengan gambar seorang laki-laki berkumis. Laki-laki tersebut mengenakan jeans biru dengan kaos hitam, yang diangkat hingga terbuka 2/3 badannya (opz,,, untung aja si Dedemit Maya itu masih tau etika orang timur, yang dipajang foto laki-laki, bukan perempuan… huufff, untung aja ^_^). Anda mau tau foto siapa yang dipajang itu…? ah, saya tidak begitu suka mengumbar nama orang itu di blog saya. Sebagai solusinya, anda bisa mengklik link sumber berita ini ^_^

Oiya, ada yang ketinggalan, begitu website Depkominfo dideface, salah seorang stafnya langsung mengeluarkan pendapat yang cukup “menggelitik”, kira-kira seperti inilah pendapatnya, “tunggu pembalasan saya”. Ya ampun, saya langsung merasa geli. ya mbok kalau mau mengeluarkan pendapat itu dipertimbangkan dulu, bukankah akan lebih malu lagi kalau ternyata si dedemit maya tersebut tidak bisa dibalas? boro-boro mau dibalas, tau identitasnya aja enggak!

Gak puas dengan website Depkominfo, Dedemit Maya beraksi lagi. Kali ini yang menjadi korban kreativitasnya adalah website partai yang berlambang pohon beringin, partai yang pada era ’98an sempat menjadi icon partainya para koruptor (tapi saat ini masyarakat Indonesia udah mulai lupa T_T), ya itulah partai Golkar.

sama seperti website Depkominfo, yang menjadi sasaran kreativitasnya bukanlah header dari website, tapi bodynya. Di bagian body website ini, si pendeface menambahkan gambar seorang laki-laki yang sandingkan dengan dua orang wanita bule. Siapa laki-laki itu ? sekali lagi, saya malas mencantumkan namanya di blog saya, Anda klick saja link ini ^_^

oiya, ternyata ga cuma website Depkominfo dan partai golkar saja yang mendapat perhatian dari para dedemit maya, tapi juga website Menteri Kehutanan Indonesia. Tapi pen-deface-an website ini tidak memunculkan “foto laki-laki itu” lg, tapi si pendeface ternyata seorang nasionalis, dia memilih bendera indonesia sebagai gambarnya. Tapi untuk situs yang satu ini, pen-deface-an terjadi sebelum UU ITE disahkan.

Tambahan informasi, situs DPR RI juga ternyata memiliki celah yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kepentingan, tinggal disesuaikan dengan tingkat kreativitas dedemit maya. Informasi ini saya dapatkan dari seorang teman saat mengikuti seminar Cybercrime dan RUU ITE @ hotel Panghegar pada tanggal 28 Maret 2008.

Hmmm, ternyata website terkenal di Indonesia masih memiliki tingkat keamanan yang menyedihkan ya. Hayooo,,, kira-kira website apa lagi korban selanjutnya ??? ^_^

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

3 thoughts on “Website Apalagi Korban Selanjutnya . . . ?

  1. Ah.. akang ini mah kreatifitas maya aja, yang tidak tersalurkan. Seseorang bisa berbuat demikian tentu ada latar belakanggnya. Mungkin ia ga suka dengan …….? itu yang webnya di deface.!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s