SKB Ahmadiyah, SKB Setengah Hati

Akhirnya, setelah menunggu dalam kurun waktu yang memang tidak ditentukan, SKB (Surat Keputusan Besama) tiga menteri tentang Ahmadiyah dikeluarkan juga.

Berikut enam point isi SKB Ahmadiyah :

[1] Memberi peringatan dan memerintahkan untuk semua warga negara untuk tidak menceritakan, menafsirkan suatu agama di Indonesia yang menyimpang sesuai UU No 1 PNPS 1965 tentang pencegahan penodaan agama.

[2] Memberi peringatan dan memerintahkan bagi seluruh penganut, pengurus Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) sepanjang menganut agama Islam agar menghentikan semua kegiatan yang tidak sesuai dengan penafsiran Agama Islam pada umumnya. Seperti pengakuaan adanya Nabi setelah Nabi Muhammad SAW.

[3] Memberi peringatan dan memerintahkan kepada anggota atau pengurus JAI yang tidak mengindahkan peringatan tersebut dapat dikenani saksi sesuai peraturan perundangan.

[4] Memberi peringatan dan memerintahkan semua warga negara menjaga dan memelihara kehidupan umat beragama dan tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum terhadap penganut JAI.

[5] Memberi peringatan dan memerintahkan kepada warga yang tidak mengindahkan peringatan dnan perintah dapat dikenakan sanksi sesuai perundangan yang berlaku.

[6] Memerintahkan setiap pemerintah daerah agar melakukan pembinaan terhadap keputusan ini.

Oiya, untuk informasi, berikut ini saya sertakan isi UU No 1 PNPS 1965 :

Pasal 1 :

Setiap orang dilarang dengan sengaja di muka umum menceritakan, menganjurkan atau mengusahakan dukungan umum untuk melakukan penafsiran tentang sesuatu agama yang dianut di Indonesia atau melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan yang menyerupai kegiatan-kegiatan agama itu, penafsiran dan kegiatan mana menyimpang dari pokok-pokok ajaran dari agama itu”.

Pasal 3 :

Apabila setelah dilakukan tindakan oleh Menteri Agama bersama-sama Menteri/Jaksa Agung dan Menteri Dalam Negeri atau Presiden Republik Indonesia menurut ketentuan dalam pasal 2 terhadapa orang, organisasi atau aliran kepercayaan, mereka masih terus melanggar ketentuan-ketentuan dalam pasal 1, maka orang, penganut, anggota dan/atau anggota pengurus organisasi yang bersangkutan dari aliran itu dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya 5 tahun.

Pasal 4 :
Pada Kitab Undang-Undang Hukum Pidana diadakan pasal baru yang berbunyi sebagai berikut:

Pasal 156a
Dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya 5 tahun barang siapa dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan:
a. yang pada pokoknya bersifat permusuhan, penyalahgunaan atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia;
b. dengan maksud agar supaya orang tidak menganut agama apapun juga, yang bersendikan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Tidak ada pernyataan pembubaran Ahmadiyah, yang nyata-nyata telah menodai islam dengan mengakui ada nabi baru setelah Nabi Muhammad. Berdasarkan SKB Ahmadiyah tersebut, paling hukuman yang diterima jika terbukti (ini juga kalau terbukti dan ada komitmen untuk membuktikan) melanggar SKB tersebut, adalah hanya lima tahun penjara. Pemerintah agaknya hanya mengeluarkan kebijakan politis untuk meredam konflik. Masih belum punya nyali untuk memurnikan ajaran islam, masih belum berani membubarkan Ahmadiyah. Sayang sekali….

Dedi Setiawan @ Data Mining Centre, IT Telkom
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =

Motivasi dan inspirasi menulis :

– SKB Ahmadiyah
– berita dari sini, sini, dan sini juga
– Harapan hadirnya pemerintah yang tegas

2 thoughts on “SKB Ahmadiyah, SKB Setengah Hati

  1. Ping-balik: sell home quickly

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s