Qt Tambah Tua, Tapiiiii . . .

Kita tambah tua? Ya ga’ masalah. Wong takdirnya dah ky gitu toh. Tapi…. klo kita tambah tua, tapi ga’ tambah manfaat? Nah, ini yang masalah. Inget lho, kata orang bijak sih, “sebaik-baik orang adalah orang yang paling bermanfaat untuk orang laen”.

Ini dia yang ngebuat kita tua, tapi kurang bermanfaat :

1. Macet di Jalan

Tua di jalan”, begitu istilah untuk menggambarkan betapa boros umur yang kita korbankan untuk menunggu kemacetan di jalanan. Orang yang biasanya ketiban sial sial mengalami hal seperti ini adalah mereka yang tempat aktivitasnya (kerja, sekolah, dll) jauh dari tempat tinggalnya, melewati banyak lampu merah (baca : lampu lalu lintas), dan melewati jalan raya yang jumlah kendaraannya sangat padat.

Nah, supaya kita ga’ tua di jalan dengan percuma, ada tips yang bisa dicoba, yaitu :

Pilih waktu pergi/pulang ke tempat aktivitas pada jam tidak sibuk. Jadi, sementara kamu nunggu berlalunya jam sibuk, kamu bisa melakukan aktivitas lainnya.

Klo terpaksa harus pergi/pulang pada jam sibuk, sebaiknya gunakan waktu menunggu kemacetan untuk memikirkan ide-ide cemerlang, langkah-langkah penyelesaian suatu persoalan, atau menghapal (bisa hapalan pelajaran, surat Al-Qur’an, dll). Untuk menghapal, misalnya kamu adalah orang yang ekspresif (ex : kalau menghapal, mulutnya komat kamit :p) dan kamu menggunakan motor, sebaiknya kamu memakai helm yang full face or minimal half face, supaya ga’ malu klo diliat orang.

2. Jebakan Birokrasi

Ini hal paling menyebalkan. Kita mau mengurus suatu administrasi, tapi harus ke sana ke mari, lalu ujung-ujungnya menunggu. Seharusnya semuanya bisa diselesaikan dengan penerapan teknologi. Cukup sediakan satu komputer, lalu di komputer itu disediakan aplikasi yang terkait dengan proses administrasi tersebut. Tapi di sini susahnya. Teknologi tidak diterapkan bukan karena tidak mampu, tapi kalau teknologi di terapkan, maka itu berarti acara bagi-bagi “jatah” dihilangkan. Ini juga berarti tidak adanya kesempatan “oknum” untuk minta imbalan tanda tangan. (lho, kok pembahasannya jadi berat sih? Ops,,, emosi ^_^ )

Terus, gimana supaya waktu ga’ terbuang sia-sia ?

Biasanya klo kita menunggu dalam kepastian (ex: nunggu antrian), kita bakal susah untuk menghapal sesuatu. Makanya sebaiknya di saat-saat yang tidak menyenangkan ini, sebaiknya kita jangan ngapal. Usahain untuk ngebaca aja. Ntah itu ngebaca majalah, ngebaca buku, ngebaca Koran, dll.

3. Nonton Acara Gosip

Gosip itu acara yang seru. Apalagi klo beritanya dikupas setajam pedang samurai (lho? ^_^). Klo kita makan pagi, terus sambil nonton gosip, dijamin deh, kemungkinan besar waktu makan kita bakal lebih lama. Walaupun sebenernya sarapan kita udah mau abis, tapi klo sambil nonton gosip, seolah-olah sengaja dilama-lamain,nunggu acara gosipnya selesai, jadinya waktu makan kita jadi lebih lama.

Klo kamu pecinta gosip, dan udah berjanji sehidup semati bersama gosip (hehehe, berlebih ya?), pokoknya gosip is everything lah, sebaiknya jangan semua acara gosip kamu tonton. Percuma! Ngabisin waktu doank. Soalnya, hampir semua acara gosip itu ngebahas hal yang sama or minimal ga’ jauh-jauh amat lah. Cukup pilih satu acara gosip yang paling kamu percaya, terus tonton itu aja. Cukup. Setelah nonton acara itu, kamu bisa beraktivitas yang lain.

Tapi emang sih, cara paling gampang buat lepas dari kungkungan gosip, ya jangan nonton acara gosip. Beres…!

4. Tidur terlalu lama

Tidur terlalu lama bisa ngabisin umur kita secara percuma, sia-sia, n’ ga ada gunanya. Tidur terlalu lama bisa ngebuat kita ngerasa males, lelah, cape’, n’ ga’ bersemangat. Ini bener lho, coba deh (eh, jangan ding ^_^) kamu tidur lamaaaaa banget, nti pas kamu bangun, paling juga maunya tidur lagi, bangun lagi, terus tidur lagi.

Cara ngatasinnya….? Pasang alarm buat ngebatesin waktu tidur kamu. Cara lainnya? buat janji or rencanain suatu kegiatan. Misal : kamu punya kebiasaan tidur siang jam 1 ampe jam 2 (Dan biasanya tidurnya kebablasan ampe jam 3 bahkan lebih :p). so, buat ngatasinnya, buat aja janji ama temen jam 3 sore. Walaupun hal ini ga’ ngejamin sepenuhnya, tapi setidaknya bisa ngebuat kita waspada (kan kuatir juga klo temen kita marah-marah karena kita ga’ nepatin janji. Ya kan…? ^_^)

Dedi Setiawan, 2 September 2008, 15.00 WIB

@ Istana Inspirasi (Villatel Putra 105, Bandung. Kelak dari kamar inilah masyarakat akan lebih berdaya)

= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =

Motivasi dan ispirasi menulis :

Ngurusin PRS (Perubahan Rencana Studi) yang berbelit-belit

17 thoughts on “Qt Tambah Tua, Tapiiiii . . .

  1. uhm, lagi musim PRS yak? sabar..sabaar..he..

    umm..ada satu aktivitas lagi yang bisa dilakukan ketika kita terjebak dalam situasi yang mengharuskan kita menunggu, yaitu “menulis”, menulis tidak harus di atas kertas atau didepan lappie, menulislah di otak, save temporary, baru tuangkan kembali ketika sudah berada di depan media (ajaran webersis tuh, Ersis Writing Theory)😉

    Cayo..cayoo..!!😀

  2. Pokok’e manfaat waktu yang ada. Jangan sampai berlalu sia-sia. ***puitis.com***
    Tapi hati2, ditengah kemacetan jangan sampai terlalu sibuk dengan kegiatan mengapal, ntar bisa jadi korban penjambretan atau pencopetan lho. Wekekeke….

  3. Tipsnya oke semua apalagi yg nyambi ngafal ayat-ayat suci….jempol deh pokoknya, minimal Asmaul Husnah …
    Tentu yg bagus dalem hati aja soalnya kalo kliatan komat-kamitnya ntar dikira mo nyantet lagi heheh.. ya gak bang?
    bagi2 jatah? imbalan tanda tangan dgn tidak diterapkannya tehnologi?…. agak burem bang kalo yng ini…..
    Nah kalo yg nunggu kepastian gak bisa konsentrsi dibawa ngapal, kalo udah gini aku bawa baca juga pasti gak masuk, biasany aku sibuk itung bunga bank, thr dll yg berhubungan dengan duit nah biasa lbh semangat… hiahahahaa…., gimana dwong bang ?…
    btw, masukan- yang manfaat bang Dhedhi, bisa bener2 dipraktekkan😀

  4. wow ..
    saya sering mendengar tuh “tidur terlalu lama” ..
    sedang berusaha untuk tidak tidur terlalu lama .. (lagian kan harus bangun sahur..jadi udah kepotong deh tidur lamanya..hehe)

  5. @wirawan..
    wuii iya tuch kelamaan nge-blog
    tapi klo blog kita bisa ngasih manfaat buat orang lain kan jadi ga sia2 waktunya..

    hm.. harus itung2 nih banyakan manfaat ato mudharatnya umur saya ini😦

  6. kalau sering kena macet , maka solusinya punya jalan. Kalau masalah birokrasi, maka jadilah menantu birokrat. kalau gosip, maka jadilah ratu gosip. dan yang terakhir, wah ngak tega ngomongnya…tapi intinya kalau jadi orang itu jadilah orang yg ahli di bidangnya hahahah sy oot yah …sorri🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s