Review LG Optimus L7

LG mengeluarkan produk kelas menengah terbarunya, LG Optimus L7. Smartphone yang dibandrol seharga Rp. 2.999.000 ini mulai beredar di Indonesia awal Juni 2012. Awal melihat iklan promonya, saya langsung jatuh hati pada layarnya yang lebar. Okelah, kita lihat spesifikasinya.

Isi Kotak

charger, manual book, earphone

Di dalam kotaknya terdapat smartphone LG Optimus L7, charger, ear headset, kabel USB, manual book, dan kartu garansi. Berhubung saya dapat yang paket promo, maka isinya ditambah dengan kartu perdana Telkomsel.

tampak depan dan belakang

Desain

LG Optimus L7 hadir dengan dua pilihan warna, hitam dan putih. Memiliki layar paling lebar dibandingkan smartphone

sekelasnya, yaitu 4,3 inch. Memiliki body ramping dan bobot yang tergolong ringan, yaitu 122 gram untuk dimensi 125.5 x 67 x 8.7 mm.

Dari sisi desain, tampilannya sangat “kotak”. Meski terkesan kaku, namun hadirnya lapisan metalik di tiap sisi smartphone ini menghadirkan kesan kokoh dan elegan

Di bagian depan akan ditemui tombol Home, 2nd camera, speaker, dan sensor jarak. Di sisi atas terdapat tombol power dan jack audio 3.5mm. Di sisi bawah terdapat port USB, yang sekaligus berguna untuk charging. Di sisi kiri ada tombol pengatur suara. Di sisi kanan tidak ada tombol apapun. Di bagian belakang yang bertekstur, terdapat kamera 5 MP, lampu LED, speaker, dan logo LG metalik yang menawan. Dengan desain seperti ini, tampilan LG Optimus L7 sangat simple.

Layar

Layar capacitive touchscreen telah dilapisi dengan gorilla glass untuk melindungi dari goresan. Dengan resolusi layar 480 x 800 pixels dan dukungan 16 juta warna, LG Optimus L7 mampu menghasilkan tingkat ketajaman 217 ppi. Layar terlihat cerah dan cemerlang. Respon layar terasa mulus dan akurat.

susunan menu

Operating System dan Processor

Di smartphone ini telah tertanam android terbaru, yaitu Ice Cream Sandwich. Dengan OS seperti ini, dapat menjalankan lebih dari satu aplikasi dalam satu waktu. Tampilan widget juga dapat diperkecil atau diperpesar. Selain itu, terdapat fasilitas “recent application” yang mempermudah mengakses kembali aplikasi yang terakhir digunakan. Cara menggunakan fasilitas “recent application” ini, cukup dengan menekan dan menahan tombol home selama beberapa detik.

LG Optimus L7 mendukung Java, berbagai format audio, seperti MP3, WAV, dan WMA, dan berbagai format video, seperti DivX, Xvid, MP4 dan WMV.  Yang cukup disayangkan, smartphone ini tidak menyediakan aplikasi bawaan yang mendukung file berbasis flash, baik web maupun file berekstensi swf. Akhirnya saya menggunakan Browser Dolphin untuk mengakses web berbasis flash dan aplikasi SmartSWF untuk membuka file *.swf.

Untuk koneksi, smartphone ini mendukung 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 dan 3G Network HSDPA 900 / 1900 / 2100. Hal-hal standar seperti wi-fi, bluetooth, video call, juga terdapat di smartphone ini.

Otak LG Optimus L7 ini adalah processor Qualcomm MSM7227A Snapdragon 1 Ghz dan GPU Adreno 200. Dilengkapi juga dengan RAM 512 MB dan memori internal sebesar 4 GB. Tersedia slot memori ekternal up to 32 GB.

Kamera dan Video

Dilengkapi dengan kamera 5 MP di bagian belakang dan kamera VGA di bagian depan. Kamera di bagian belakang dilengkapi dengan LED Flash dan kemampuan auto focus. Modus kamera dapat berganti dengan video.

Baterai

Tidak seperti smartphone sejenisnya yang memiliki batere 1300 mAh, LG Optimus L7 dilengkapi batere 1700 mAh. Tentu ini membuat LG Optimus L7 memiliki daya tahan lebih lama.

Update:

Proximity sensor bekerja dengan baik. Layar menyala ketika melakukan panggilan, tapi kemudian otomatis mati ketika didekatkan ke telinga, atau ketika ada benda yang menghalangi sensor proximity.

Untuk mematikan (emangnya pembunuh? :D) menghentikan aplikasi yang sedang running, biasanya saya ke SETTINGS -> APPS -> RUNNING. Kemudian klik aplikasi yang ingin kita hentikan, lalu klik STOP.

Untuk mengakse Hidden Menu, termasuk melakuka Proximity Sensor Test, dll (coba deh, menarik 😉 ), ketik ini: 3845#*705#

Untuk print screen, tekan tombol volume bawah (yang untuk mengurangi volume) dan tombol power secara bersamaan selama beberapa detik.

Multitasking juga lumayan. Mendengarkan lagu, internetan, dan transfer file via bluetooth misalnya, bisa dilakukan bersamaan. Tapi, ketika satu file selesai ditransfer, akan ada lag pada lagu.

Hasil Foto:

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

==========

LG has recently launched a new middle class, the LG Optimus L7. Smart phones are priced at Rp. 2.999.000 was circulated in Indonesia since the beginning of June 2012. When I saw the promo, I immediately feel comfort with the wide screen. Ok, take a look at the specifications.

Content of the box

Contents of the box are a smart phone LG Optimus L7, charger, earphone, USB cable, manual book, and warranty card. Luckily, I got a promo package, then the contents coupled with Telkomsel SIM Card.

Design

LG Optimus L7 comes in two colors, black and white. LG Optimus L7 has a 4.3 inch wide screen. This is the widest for the smartphone screen in the middle class. LG Optimus L7 has a slim body and light weight, only 122 grams for the dimensions of 125.5 x 67 x 8.7 mm.

The design looks very “box”. Although impressed stiff, but the presence of metallic layers on each side of the smartphone presents a sturdy and elegant impression

There is a home button, 2nd camera, speaker, and proximity sensor on the front side. At the top there are the power button and 3.5mm audio jack. At the down side there is a USB port, which also can be used for charging. On the left side there is a volume key. On the right side there is not any button. On the textured back side, there are a 5 MP camera, LED lights, speakers, and LG-colored metallic logo. With this design, the LG Optimus L7 looks simple and nice.

Screen

Capacitive touchscreen has been coated with a gorilla glass to protect from scratches. With a screen resolution of 480 x 800 pixels and support 16 million colors, LG Optimus L7 is capable of producing 217 ppi sharpness levels. The screen looks bright. Response screen feels smooth and accurate.

Operating System and Processor
LG Optimus L7 has been embedded by the latest version of android, The Ice Cream Sandwich. By the OS, LG Optimus L7 has ability to run more than one application at a time. Display widget can also be minimized and maximized. There is also menu “recent application” that can be used for back to recently used applications.
LG Optimus L7 brain is Qualcomm MSM7227A Snapdragon 1 Ghz and Adreno 200 GPU. The RAM is 512 MB and 4 GB of internal memory (available up to 32 GB).

Camera and Video
LG Optimus L7 equipped by a 5 MP camera on the back and VGA on the front. The camera on the back is equipped with LED Flash and auto focus capabilities.

Battery

Different from other middle entry smart phone which equipped by 1300 battery, LG eqquipped by 1700 battery. Of course it is makes LG Optimus L7 has a longer durability.

Salam,

@dedi_dhe

119 thoughts on “Review LG Optimus L7

  1. Ping-balik: Allesschneider Amazon

  2. saya juga pengguna lg l7. tapi masalah yg saya hadapi adalah usb tdk mau connect baik ke pc ataupun laptop. mohon pencerahanya ya…. trus kalo bisa dimuat juga tips and trick tentang lh l7 ini. tq

    • apa pesan errornya?
      saya bisa connect ke laptop, baik ngeliat file, copy, maupun paste.

      tips n’ trik seperti apa maunya?

      klo bisa berbagi, sy senang bisa bagi2 hehe

      • saya lupa pesan errornya, sepertinya harus diinstall pc suit. sampai sekarang pihak cs lg juga belum bisa ngasih jawaban. untuk tips and trick yg dimaksud adalah tentang fitur2 lg l7. tanya satu satu lg ya. face lock di lh l7 kenapa gak ada ya? tks atas respond nya ya….

    • Puji: saya lupa pesan errornya, sepertinya harus diinstall pc suit. sampai sekarang pihak cs lg juga belum bisa ngasih jawaban. untuk tips and trick yg dimaksud adalah tentang fitur2 lg l7. tanya satu satu lg ya. face lock di lh l7 kenapa gak ada ya? tks atas respond nya ya….

      dhedhi:
      Yup, ga seperti gadget lain yang ber-OS ICS, LG Optimus L7 ga punya fitur face unlock. untuk ngelock, paling pake pin atau pattern.

      Eemm… contoh fitur lainnya, misalnya supaya hp ini bisa digunakan sebagai hotspot:
      settings -> More… -> Portable Wi-Fi Hotspot -> setelah itu klik “Portable Wi-Fi Hotspot”

      utk ngubah password, bisa di “configure wi-fi hotspot”
      selamat mencoba…

      • terimakasih mas ded, kenapa bisa beda ya dgn gadget yg lain? padahal sama2 ics system operasinya… kalo lg l7 mas ded bisa connect ke laptop gimana caranya? sharing dunk..

      • sama mas saya jg mndapat masalah LGnya sudah d colok tp d PC suite dan PC gad devicenya tp ngcas LGnya. dan tidak ada pesan error sama sekali

      • @yose:
        sama mas saya jg mndapat masalah LGnya sudah d colok tp d PC suite dan PC gad devicenya tp ngcas LGnya. dan tidak ada pesan error sama sekali

        dhedhi:
        coba lebih teliti lg. punya saya, pas dicolok ada pilihan:
        connect as: charging only, pc software, dll…
        coba masuk ke “Settings” -> “Connectivity” ->”USB Connection type”
        selamat mencoba 🙂

    • wah, mungkin itu kebijakan (kekurangan? T_T ) dari pihak LG-nya. seperti browser bawaannya yg ga support situs flash. tp klo utk browser, akhirnya sy pake dolphin.

      saya langsung pake kabel data aja. pas colok ke laptop, langsung bisa connect. dicoba lagi aja. trus liat apa messagenya.

    • untuk lg l7 agar terdeteksi di pc untuk pengguna window xp harus mengistal dulu usb driver & WMP 11 kalo kalo blm punya dicari aja di mbah google banyak kok, kalo di window 7 sih langsung colok aja om langsung konek

    • langsung masukin aja ke hp. trus ikutin langkah2nya. klo saya otomatis… Tp sy cuma make kartu bundling itu sebentar, soalnya lemot hehe…
      punya kamu gmn masalahnya? ga bs diaktivasi?

    • di postingan ini, maksud dr vga adalah video graphics array. itu menunjukkan resolusi yang bisa dihasilkan di layar. Di kamera vga, gambar yang dihasilkan hanya mendukung resolusi hingga 640×480 pixel. (artinya: panjang 640 pixel dan lebar 480 pixel). Pixel merupakan satuan terkecil dari sebuah gambar. So, semakin besar pixelnya, semakin bagus gambarnya.

      640 x 480 piksel setara dengan 0,3 megapixel gambar. Ketika gambar diperbesar, maka gambar tersebut akan kehilangan kejelasan dan pecah2. tp klo gambar dicetak seukurang aslinya, maka gambar akan tetap jelas.

      Semoga ga salah dan membantu 🙂

      .

    • saya jg termasuk pemilik jari besar 😀

      utk ukuran saya sih ok ya, jarak antar huruf cukup lah. klo masih kurang, hapenya dibikin landscape aja (apa sih ini istilahnya, dimiringin gt…. ada istilah lain? 🙂 ), nti jarak antar hurufnya jadi makin lebar.

      ga bro, ga ada stylus pen. tp klo menurut sy sih emang ga butuh stylus pen 🙂

    • iya, euy. sy jg blm tau dmn fiturnya utk ngubah suara .mp3
      mungkin suara sms LG Optimus L7 cuma bs diubah dg bunyi2 standar yang emang udah ada di hp-nya.

      • sya bru beli LG optimus L7
        dan dri kmarin pnasaran gmn caranya bsa ngubah psan suaranya.. setelah mikir keras + browsing sana sini bru akhirnya sy nmu cranya
        jdi lgu yg mau qt jadiin ringtone pesan kita masukin di folder notification, CARANYA masuk ke polaris office -> trus ke file saya -> notification,, nhah taruh aj lgunya dstu
        setelah itu di pesan kita ke pengaturan -> nada dering pemberitahuan -> set lagu (disitu dah ada lgu yg kita paste/taruh td) smoga bermanfaat 🙂

  3. Maaf nimbrung, pengen tau, L7 ini katanya bisa untuk mutar file film mkv dg resolusi sd 480p tapi pakai MX player, pertanyaannya, bisa dikonek ke tv lcd gak? tv out gt, jd kt nontonnya di tv, terus udah pernah coba belum?
    Thanks

  4. Mas mau tny ni, cara nge blok tulisan kyk tulisan di fb, browser gmn yah? Saya coba tahan di tulisanny. Agak lama tetep ga bs. Thankss

  5. Pak saya mau nanya, di spesifikasi LG optimus L7 ini ada memory external up to 32 Gb tapi kenapa kalau download aplikasi masuknya ke meori internal dan tidak bisa dipindah ke eksternal. Mohon Infonya. Tks

  6. ini menurut pendapat saya ya:
    kelebihannya layarnya lebar.
    kekurangannya, lemot utk aplikasi yang berat2.

    klo kamu suka maen game atau suka gunain aplkasi yang berat2, saran saya jangan pilih hp ini.
    tp klo kamu sekedar suka nonton video, gunain aplikasi office, ngenet… hp ini bisa dijadiin pilihan.

    sy sendiri lumayan betah pake hape ini karena aktivitas saya memang ga ngegunain applikasi yang berat. kebutuhan saya sudah terpenuhi dg hp ini.
    sip, selamat mencari2 hape yang sesuai dengan kebutuhan 🙂

  7. salam knl gan..

    ane mau tny nih gan,LG L7 ane klo lg sedang telpnan ska mati sdri tiba2,& itu terjadi ber ulang2 stiap telp.uda di restart tp te2p. trz ane bwa ke service center,uda di cek katanya uda di benerin.tp barusan smp rumah ky gtu lg masalahnya…
    mohon pencerahannya gan…thx sblmnya

    • mungkin ada crash di program gan…
      klo masih mati juga, coba ke service center lg gan. trus, sebelum tuh barang dibawa ke rumah, ente cek dl sana, nelp gt. klo masih mati jg, minta benerin. kan masih garansi.

  8. Saya baru pakai hp ini kurang lebih 1 minggu. Ga ada masalah berarti karena seperti mas dedi saya juga ga pakai aplikasi yg terlalu berat. Sekedar info, waktu saya beli bonusnya selain perdana simpati, ada juga stylus pen. Tapi akhirnya ga kepakai, karena layarnya udah cukup buat jari saya yg lebar. Aplikasi ga bisa dipindah ke microsd. Jadi memory eks hanya dipakai utk simpan lagu, film, dokumen, dll. Untuk browser saya biasa pakai opera mini.

    • Sip, JOe.
      hidden menu itu utk ngetes fitur2 yg ada di hp ini. ada jg utk ngeliat batere. sok atuh dicoba, ga ada pengaruhnya dg garansi kok, kan ga merusak hp. ok bro

  9. Pak saya mau tanya,
    saya ada ni rencana buat beli ni hp, tp kbnyakan org bilang proximity sensor di hp ini ga berfungsi..
    saya jdi ragu, mau beli ga..
    kalau beli dapat nya yg error gmn pak? T.T
    apa memang begitu?

    • punya saya alhamdulillah baik2 aj.
      nah, sebelum beli, bilang dl ke orang tokonya: klo barang rusak, tuker yang baru ya.
      di toko itu kan barangnya dibuka, nah kamu tes di situ. kamu coba utk nelepon, klo pas kamu deketin ke kuping (atau tangan kamu nutupin sensornya), trus layarnya mati (tp hp-nya ttg calling), berarti sensornya bekerja dg baik.

      klo masih ragu, ya jangan dibeli gan 😀
      masih ada bejibun pilihan 🙂
      kita beli barang kan pengen puas dan nyaman hehe…

    • setelah siap memotret (hp dalam posisi vertikal), klik simbol di kanan atas. nah, sekarang kamera yang digunakan adalah kamera depan. silakan mencoba.

      ga bisa video call tanpa tambahan aplikasi. klo mau video call, kamu mesti nginstall aplikasi tambahan seperti skype. ok

  10. mas mau tanya…sy pny l7…klo dchas hp ny panas,,,dpke tlp jg panas…uda gitu baterai ny cpt bgt abis bs chas 2x shari pdhl ga dpke hp….misalny klo mlm baterai ny 100% eh tpagi2 diliat tgl 35%…knp ya mas…? mksh

    • sy juga pernah mengalami. klo sy sih, pas hapenya panas, sy restart atau matiin. klo lg males, ya diemin aja, lama2 jg dingin lagi hehe…

      emm… konsumsi batere utk internet emang besar banget. pada umumnya hape android emang ky gt. klo sy, ngakalinnya dg tidak mengaktifkan fitur yg lg ga saya pake, misalnya wi-fi, perkiraan cuaca, hotspot, gps, dll.
      saya cm mengaktifkan yang menurut sy penting, seperti koneksi data utk internet. nah, dg begitu, batere sy jd lebih hemat.
      oiya, klo ngecass, jgn sampe pas baterenya udah penuh masih dicass. itu bisa ngebuat baterenya soak.
      semoga membantu 🙂

    • bisa banget bro… gini caranya:
      settings -> more… -> Portable Wi-Fi hotspot -> terus kasih tanda centang di pilihan “Portable Wi-Fi hotspot”

      ok, semoga membantu

  11. “Akhirnya saya menggunakan Browser Dolphin untuk mengakses web berbasis flash”
    mas itu maksudnya apa ya?
    ooiya kalo kita mau buka file worde,excel,pdf,sama powerpoint itu di polaris office?

    • browser ada macem2 bro… klo ngenet lewat laptop, bisa pake internet explorer, firefox, opera, google chrome, dll…
      nah, klo di handphone, “dolphin” itu salah satu nama browser.

      iya, bisa pake Polaris, bisa pake Kingsoft Office… dan lain-lain… bisa pilih di android market 🙂

  12. klo LG saya kok agak susah ya untuk connect wifi apa ada yg mengalami spt saya. klo cari wifi musti berulang2 connect sbntr trus putus lagi, ada yg tau solusinya ga ?

    • itu tergantung kekuatan sinyal wifi-nya. saya juga sering putus nyambung klo sinyal wifinya lemah. tp klo sinyal wifinya kuat, ngenetnya ok2 aja. solusinya? cari sinyal wifi yang bagus hehe

  13. tapi menurut mas kalo suda gorilla glass kacanya bener2 kuat gak? lagi ngumpulin keyakinan tambahan mas, soalnya saya dalam tahap persiapan mau beli hehe

    • sy sih sudah cukup yakin hehe…
      soalnya kadang2 hp ini sekantong dengan kunci mobil, dan sejauh ini ga ada goresan.

      sy malahan mau beli softcase-nya. tp di pinggiran jalan ga ada jualannya 😀 tp sy pikir2 lg, klo pake softcase gt, ya jadinya ga slim lg hehe

  14. oke terima kasih wejangannya, nanti kalo saya sudah pegang dan ada yang belum mengerti nanya lagi ya. hebatnya lagi saya belum beli sih, bentaran lagi sebenarnya. tapi malah sudah instal pc suite IV nya duluan haha

  15. Mau tanya ne mas, lg l7 ini ga bisa dipake install game atau aplikasi yg banyak ya…? saya se ada rencana mau beli juga tp msih ragu. Karena bnyak yg bilang lemot… mohon infonya… 🙂

    • gosipnya sih gt hehe.. tp sy sendiri belum pernah nyoba nginstal aplikasi banyak2… setiap aplikasi yg jarang saya gunain, ga saya instal.
      sy pake browser, aplikasi kantor, picsArt, qur’an, socmed, dan beberapa lainnya, sejauh ini baik2 aja….bagi saya, ini sudah mencukupi, nah, masing2 orang kan beda2 kebutuhannya, silakan disesuaikan dengan kebutuhan 🙂

      root itu supaya kita bisa punya akses ke sistem operasi androidnya. tp saya jg blm nyoba. katanya, klo udah di-root, garansinya jd ga berlaku

  16. Saya sendiri sih memang tidak terlalu suka game, tetapi lebih suka aplikasi yang laiinya. Seperti untuk edit foto atau yang menarik. Klo kita tidak terlalu banyak instal aplikasi, tdak lemot ya mas..?
    O ya, penting ga sih kita tau root yg ada di hp..?
    thanks, sorry banyak nanya… maklum kurang pengetahuan ne.. 🙂

    • iya mas, logisnya begitu… setiap nginstal aplikasi kan butuh space memory. seperti komputer jadul (sy sempat mengalami loh pake komputer jadul 😀 ), klo banyak nginstal macem2, biasanya bakal berat. nah, HP LG ini kan processornya 1 GHz, sementara OS-nya ICS, menurut saya, itu yg membuat terasa berat ketika nginstal banyak aplikasi. Maap jg nih, penjelasannya jadi terlalu teknis hehe

      sy pribadi sih tertarik utk nge-rooting ya… tp klo nge-root itu ada resiko HPnya jadi rusak. jadiiii… sy masih pikir2 😀

      • Oh gitu…. wah ternyata masih lemah di Processor nya ya..? padahal saya memang tertarik mau ambil LG ini. Karna pertimbangan layar lebar, OS-nya ICS. Brarti klo kita pake LG ini, mau ga mau mesti agak di rem ya niat untuk instal aplikasi yg banyak…? 🙂

        Klo pengalaman mas sendiri, bagaimana kesan pemakaian LG L7 ini..? Trims… maaf bnyak nanya… 🙂

        • menurut saya iya seperti itu, mungkin klo OS-nya bisa di-down-grade, bisa cepet jg hehe…

          betul, apapun gadget yg mau kita beli, memang harus disesuaikan dg kebutuhan.

          kesan saya, saya banyak terbantu dengan layar lebarnya. penggunaan sehari2 mah lumayan lah. sy jg sering ngegunain HP ini untuk modem, dan sejauh ini baik2 aja.

          well, saya senang berbagi. klo ada yg bisa saya sharing, why not? 🙂

  17. mas.. maap saya mau tanya maklum nubie bgt nih ama android ini ,,, -kalau saya konek pake hotspot, bisa ga sumbernya dari modem wifi rumah? soalnya saya gak bisa , tapi kalo sumbernya dari hp (data on) trus hotspot on bisa…

    maap bllepotan bahasanya…

  18. Thanks infonya, kayaknya se saya tetap berminat untuk ambil LG ini. Klo OS-nya Down Grade kan kasian. Sedangkan ICS katanya lebih bagus drpada Ginger Brand. Hehehehe… Cuman saya masih bandingkan dengan Sony Xperia J. Klo mas punya info mengenai Xperia J mohon infonya ya..? thanks sebelumnya… 🙂

  19. maaf mas dedi mau tanya, maksudnya ‘hidden menu’ itu apa ya? terus cara buka hidden menu itu gimana? :/ hehe
    oh ya mas, sensor jarak yg ada di bagian depan itu gunanya untuk apa ya?
    selama make LG L7, udah prnah download aplikasi berat semacam twitter, instagram, path & whatsapp belom? klo udah gimana responnya? soalnya aku socmed freak 😀
    thank youuu 🙂

  20. itu menu tersembunyi mbak, di situ ada cara2 untuk melakukan test fitur2 pada hp, seperti suara, sensor, dll. Saya udah tulis caranya aksesnya di postingan itu, begini caranya: ketik 3845#*705#

    Yang di depan itu Proximity Sensor. klo kita nelepon, kan hp-nya kita deketin ke kuping, nanti layar hape kita bakalan mati (layarnya ya, bukan hp-nya). mungkin tujuannya untuk mengurangi panas dan hemat energi.

    saya pake twiiter, whatsapp tiap hari mbak. ok2 aja 🙂

  21. mas mau nanya ni,,
    hp LG saya ko kalo lg tlpn dan speaker diaktifin kok org yg kira tlpn g bisa dengar suara kita y,..
    tuh masalahnya dmn mas???
    trima kasih

  22. Mas mau nanya ni…
    knp hp saya klo sedang tlpn dgn speaker aktif, org yg saya tlpn g bisa dgr suara saya??? masalahnya apa y mas????
    makasih

    • coba nelepon ke handphone lain.
      – klo trnyata di hp lain ga ada kejadian ky gt, berarti speaker HP yg kamu telepon itu bermasalah.
      – klo kejadiannya masih ky gt, mungkin mic (apa ya bahasanya, mikrofon mungkin ya) hp kamu ada masalah.

  23. maaf mas ganggu,,
    saya baru beli hp LG L7
    yg sy ingin tanya gimana sih cara buat mindahin aplikasi…ke sd card..
    kalo di hp samsung lain kan tgl move to aja..ya..
    kok di sini nggk ad..
    kalo mas bisa cari tau tolong ya mas..
    maaf mas sebelumny…udah ngerepotin…

  24. moo numpag na.a nihh.. sy spendapat m ptnyaan ttg hemat daya d comment.. trus sy juga dah ngikutind anjurn.a,, tp knp mlah ky gak ngaruh gitu yaa.. sy dah gk ngaktifin wifi,gps,trus chya lyar dah di mnimalin.. solusi khsus dund..?

    • emmm… gt ya… cobain masuk ke setting. di situ ada pilihan “developer option”. nah, centang yang dont keep activities.
      trus di “limit background process”, pilih yang “no background process”

      sebetulnya solusi di atas supaya ngebuat hape lebih “ringan” jalannya. tp bisa juga untuk “sedikit” menghemat batere.

      oiya, klo hape android boros batere, menurut sy itu sesuatu yang wajar. yg ga wajar itu klo tadinya full, trus ga diapa2in, eehhh 2 jam kemudian udh lowbat. nah, itu baru ga wajar 🙂

    • L7 ane bermasalah di kamera gak bisa memotret keterangan kamera error tidak terhubung ke kamera, juga gak bisa buka video hasil rekaman padahal sebelumnya bisa kenapa yah… juga kalo buka video youtube hanya ada suara saja tampilan gambar tidak ada. apakah ada solusi untuk memper baikinya… thx..

      • Saya mau tanya nih mas, sy sudah baca masalh root tapi belum paham -.- , klo download instagram,path dll itu termasuk di root atau tidak ? Makasih mas buat bantuannya 😀

        • download instagram bukan nge-root 🙂
          rooting itu utk mendapatkan akses penuh thd setting handphone android. rooting menyebabkan tidak berlakunya garansi. rooting juga bisa menyebabkan handphone rusak.
          tp klo hp LG L7, udah banyak success storynya. nah, langkah2 teknisnya, sok atuh searching… udah banyak yang sharing. kebetulan hape saya ga dirooting

  25. mas dedi saya mau tanya, cara matikan suara keyboard virtualnya gmn yaa ??
    udah nyoba2 ttp ga bisa jugaa .
    terima kasih 🙂

  26. Saya mau tanya, L7 saya suka loading lama, apalagi gabisa bermain game dengan lancar.. suka ngadet2 gitu kenapa dan bagaimana cara mengatasinya yahg tak hanya untuk main game, dan menjalankan hp juga suka lola

  27. mas, saya mau nanya juga nih, hp ni kalo di pake nelpon, bisa panas……. x, sampek mau masak kuping saya mas, kira kira itu apa nya ya yang rusak, kalo di bawa ke lg center bisa ga ya mas di benerin lagi? jawab ya mas broooo

    • wah, klo di saya panasnya masih wajar. tp biasanya klo udh ngerasa panas, hapenya saya matiin. bisa dicoba dibawa ke service center untuk konsultasi dulu kenapa panasnya.

  28. Mas, saya uda make setahun, and uda di root juga. (sukses),

    pertanyaan saia:

    Kenapa ni hp sering reset2 sendiri? begitu ke reset, data2 pada ilang, and kehapus. Semacem factory reset otomatis. Setiap 2 minggu pasti kek gitu. Kejadian ini terjadi sebelum ane root. Sampe sebel, tapi ya mau gimana lagi, belum waktunya ganti hehehe

Tinggalkan Balasan

