Jadikan Lebih Kecil

Small is wonderful, begitu kata orang-orang.

Dalam banyak hal, kita memang harus bisa membuat sesuatu menjadi lebih kecil. Makanan sepiring, agar bisa masuk ke mulut kita harus memakannya sesendok demi sesendok. Untuk menghabiskan air segalon, kita harus meminumnya teguk demi teguk.

Demikian juga ketika melakukan perjalanan, kita memulainya selangkah demi selangkah. A thousand mile journey begin with one step, begitu kata pepatah. Ini juga berlaku pada pekerjaan. Jika suatu pekerjaan terasa begitu rumit, kompleks, dan berat, cobalah memecahnya menjadi beberapa bagian. Misalnya menyelesaikan bagian pendahuluan, mengerjakan inti, sampai finishing. Mengerjakan inti juga bisa dipecah-pecah lagi menjadi beberapa bagian.

Cita-cita juga bisa seperti itu. Ga mungkin kan tiba-tiba jadi profesor? Atau tiba-tiba jadi konglomerat? Atau tiba-tiba hafidz Qur’an?

Kalau berniat jadi profesor, pikirkan apa yang mesti dicapai terlebih dahulu. Misalnya menyelesaikan S1 sebaik mungkin, hingga lebih mudah mendapatkan beasiswa S2, dan seterusnya. Jika ingin jadi kongkomerat, mesti memulai usaha lebih dahulu. Kalau mau hapal Qur’an 30 juz, ya mulai dari sejuz demi sejuz, halaman demi halaman, ayat demi ayat, dan seterusnya.

Ya, ada banyak cita-cita, ada banyak pekerjaan. Semuanya besar, semuanya penting. Dan untuk menuntaskannya, untuk mencapainya, salah satu kemampuan yang harus kita milikinya adalah mem-partisi-nya. Membuatnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Salam semangat!

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s