Memulai dengan yang Ada

Setelah lama membaca tulisannya di buku My Job is Not My Career, juga di salah satu rubrik Kompas Sabtu, hari ini saya bertemu Rene Suhardono. Banyak yang ia sampaikan, banyak juga yang saya catat. Tapi di antara yang banyak itu, inilah yang meninggalkan kesan kuat:

Fokuslah pada apa yang kita miliki, bukan yang INGIN kita miliki.

Saat itu konteksnya tentang “memulai usaha”. Saya pikir, ya, betul, fokus pada apa yang kita miliki. Apa saja itu?  Duit 100 juta? Ga punya. Truk super besar? Juga ga punya. Gudang super luas? Apalagi!

Nah, kalau itu semua belum dimiliki saat ingin memulai usaha, jangan khawatir. Ini berarti sudah saatnya untuk mengalihkan fokus pada sesuatu yang kita miliki. Apa saja itu? Akal, ide, imajinasi, semangat, jaringan, dan banyak lagi.

Nah, olahlah apa yang kita miliki itu untuk menunjang keberhasilan. Jadi, jangan sampai belum apa-apa sudah dipusingkan dengan sesuatu yang tidak kita miliki. Padahal, kalau kita mau terus berusaha,” apa-apa yang kita miliki saat ini” bisa menjadi sarana untuk mendapatkan “apa-apa yang kita inginkan”.

Saya jadi ingat sebuah dialog antara potografer pemula dan senior. “Kamera apa yang bagus untuk motret?” tanya pemula. Sambil tersenyum tipis seniornya menjawab, “Kamera yang kamu miliki saat ini!” Ya, kamera terbaik bagi seseorang adalah yang ia miliki saat ini. Karena dengan kamera itu ia bisa mengabadikan momen.

Kembali ke konteks, sesuatu yang terbaik untuk memulai usaha adalah sesuatu yang kita miliki saat ini. Emangnya ga ada yang lebih baik? Banyak!  Hanya saja, sesuatu yang lebih baik itu masih jauh dari jangkauan, setidaknya hingga saat ini. Jadi, daripada berpusing-pusing membayangkan yang tidak ada, jauh lebih baik memulai dengan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s