Menulis Juga Berjuang

Menulis itu bagian dari perjuangan. Mungkin ada yang tidak setuju. Ga papa. Setiap orang berjuang dengan caranya masing-masing, saya dengan cara saya.

Untuk melatih otak supaya ga males mikir misalnya, saya berusaha untuk menulis setiap hari. Tentang apa saja. Baik yang sudah terkonsep dari jauh hari, maupun yang baru kepikiran.

Saya juga menuliskan cita-cita yang sebenarnya saya belum tahu cara mencapainya. Malu? No way! Ada orang yang bahkan di tahapan bercita-cita saja sudah tak mampu. Ini saya sudah berani bercita-cita. Kenapa harus malu? Tentang tercapai atau tidak, itu urusan nanti. Masalahnya sekarang, bisakah kita mendefinisikan apa yang kita mau?

Dan menuliskan cita-cita itu bagian dari perjuangan. Sungguhpun saat ini saya belum kepikiran langkah-langkahnya. Biarpun setahun kemudian saya lupa dengan apa yang saya tulis, apa yang saya impikan. Saya tidak pernah menyesal bahwa saya pernah menuliskannya.

Kenapa? Karena ketika saya membaca catatan cita-cita bertahun-tahun yang lalu, biasanya saya tersenyum. Setidaknya saya jadi ingat bahwa “dulu” pernah begitu semangat untuk menggapai suatu cita-cita, sampai-sampai saya menuliskannya. Sekali lagi, jika impian itu belum tercapai, mungkin karena memang lebih baik belum dicapai saat ini.

Misalnya, saya pernah menuliskan bahwa saya lebih memilih keliling Indonesia daripada ke luar negeri.  Apakah sekarang saya sudah keliling Indonesia? Apakah impian yang saya idam-idamkan, yaitu untuk menginjakkan kaki di Indonesia timur sudah tercapai? Belum!

Haruskah saya protes karena Dia telah menakdirkan saya untuk menginjakkan kaki di Berlin, Munchen, Slovakia, dan Austria terlebih dahulu? Tentu tidak. Lagi pula, pertanyaan selanjutnya: untuk apa protes karena kejadian yang indah ini? Hehe…

Begitulah, bagi saya, menulis itu juga berjuang! Wallahu’alam.

2 thoughts on “Menulis Juga Berjuang

  1. Ping-balik: Kehabisan Ide Itu Omong Kosong | Tarian Keyboard

Tinggalkan Balasan

