Kala Ide Menggoda

Kebanyakan orang yang melakukan aktivitas menulis pernah mengalami ini: muncul ide baru saat sedang asik menulis. Bisa jadi ini anugerah, bisa juga jadi musibah. Anugerah karena punya ide melimpah. Musibah karena bisa jadi tulisan yang dibuat malah tak tentu arah. Inilah kala ide menggoda!

Kalau sedang menulis novel atau tulisan “santai suka-suka”, mungkin tidak masalah memasukkan ide-ide yang baru muncul itu. Syaratnya logis.

Tapi kalau menulis opini atau cerpen, yang dituntut selalu fokus pada satu tema, memaksakan masuknya ide baru dalam tulisan sangat tidak dianjurkan. Karena fokusnya akan ke mana-mana. Fokus ke mana-mana? Hehe, ini berarti: tidak fokus.

Lalu, bagaimana ketika ide baru tetap menggoda?

Percayalah, ide itu rahmat, jangan disia-siakan. Ide-ide yang muncul belakangan itu, jangan diabaikan begitu saja. Jangan juga dipikirkan terlalu lama. Karena malah bisa menghentikan kegiatan menulis. Segera catat ide yang menggoda itu. Lalu lanjutkan menulis dengan rencana awal kita.

Setelah tulisan yang sesuai dengan rencana awal selesai, baca catatan ide yang menggoda tadi. Kalau ada poin kuat yang bisa dimasukkan, silakan masukkan. Tapi kalau dirasa tulisan kita malah menjadi bertele-tele, jangan dimasukkan. Sebagai solusinya, kita bisa membuat tulisan baru.

Jadi, kala ide menggoda? Ya ga masyasalah🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s