Perlukah “Hari Menulis Sedunia”?

menulis setiap hari

Tadinya saya berpikir, perlukah 8 Januari diperingati sebagai hari menulis sedunia?

Gampangnya saya berpikir, kalau sesuatu itu memang penting untuk dilakukan setiap hari, tidak pentinglah pake acara peringatan-peringatan segala. Coba pikir, apa perlu ada hari makan sedunia? Hari minum sedunia? Hari tidur sedunia?

Saya pikir, sesuatu penting diperingati ketika ada kejadian luar biasa di hari itu. Misal, sederet peringatan keagamaan, hari merdeka, hari pahlawan, dan sejenisnya. Kejadiannya memang sekali, dan itu kejadian luar biasa.

Tapi kemudian saya berpikir lagi, mungkin memang perlu membuat hari peringatan untuk kepentingan kampanye. Sesuatu yang penting, tapi belum jadi kebiasaan di masyarakat,memang perlu digembar-gemborkan agar masyarakat jadi ikut melakukannya. Semacam ajakan agar makin banyak orang yang melakukannya, minimal peduli.

Makan, minum, dan tidur memang sesuatu yang penting, dan semua orang sudah melakukannya tanpa perlu dikampanyekan. Bagaimana dengan menulis? Menulis memang sesuatu yang penting, tapi tidak semua orang melakukannya. Nah, inilah alasan pertama pentingnya peringatan hari menulis sedunia menurut saya: kampanye!

Alasan kedua, ternyata menulis ini bukan perkara remeh. Terciptanya tulisan merupakan kejadian luar biasa. Dan itu terjadi sekali seumur hidup. Benarkah?

Menulis itu momentum. Kegiatan menulisnya memang terjadi berulang kali, tapi lahirnya suatu tuilsan terjadinya cuma sekali. Begini, tulisan yang jadi hari ini, akan beda hasilnya jika kita menyelesaikannya besok atau kemarin. Mungkin tidak kita sadari, tapi begitulah kenyataannya.

Masih tidak percaya? Coba buka tulisanmu setahun ke belakang, ambil idenya, lalu cobalah untuk menuliskannya kembali. Catat: ini bukan kegiatan copy-paste. Bagaimana hasilnya? Nah, itulah kenapa saya bilang menulis itu momentum.

Baiklah kalau begitu, selamat hari menulis sedunia!

7 thoughts on “Perlukah “Hari Menulis Sedunia”?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s