Sabar

Tidak ada orang yang sukses dengan tiba-tiba. Semua butuh waktu. Butuh proses. Butuh perjuangan. Butuh pengorbanan. Dan semua itu membutuhkan kesabaran.

Setiap posisi puncak yang didapatkan seseorang, pastilah itu hasil meniti level demi level. Dan posisi itu diraih dalam waktu yang lama. Tanpa kesabaran, mustahil melewati setiap jenjang.

Ini seperti kompetisi. Setiap yang menjadi pemenang di final, pasti pernah melewati berbagai babak penyisihan. Di sana kita belajar bahwa kemenangan dapat diraih ketika Sang Pemenang menolak untuk menyerah dan mundur dari kompetisi.

 

Ya, semua kesuksesan besar membutuhkan proses yang memakan waktu lama. Proses inilah yang tidak bisa ditawar-tawar. Karena ketika ada proses yang terlewat, maka akan beda hasilnya.

Lihatlah kesuksesan ulat menjadi kupu-kupu. Mulanya telur ulat, lalu menetas jadi ulat. Ulat makan banyak daun. Sampai tiba waktunya untuk mengurung diri dalam serat kepompong. Pada akhirnya, ulat harus berusaha sendiri merobek kepompong untuk bisa keluar sebagai kupu-kupu.

Andai pada saat merobek kepompong ulat tersebut dibantu oleh manusia, dengan gunting misalnya, maka kupu-kupu tersebut kemungkinan tidak dapat terbang. Lalu akhirnya mati. Nah, itulah pentingnya proses.

Hal ini senada juga pernah diungkap B.J. Habibie. Presiden ke-3 Indonesia itu bilang bahwa bangsa Indonesia harus merebut jam kerja. Ya, jam kerja. Setiap anak bangsa harus melakukan kerja keras.

Mungkin orang lain berpikir tentang “kerja cerdas”. Tapi percayalah, jauh sebelum “kerja cerdas”, bangsa ini harus melakukan “kerja keras”. Karena dalam setiap perjalanan menuju sukses, akan ada variabel waktu. Dan hanya orang-orang yang sabar dalam menjalaninya yang dapat melewatinya.

3 thoughts on “Sabar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s