Sibuk Susah, Santai Gelisah

Manusia ini aneh. Suka mengeluhkan hal-hal yang berseberangan secara diametral. Hujan mengeluh, panas juga mengeluh. Manis salah, pedas juga salah. Dan banyak lagi hal serupa.

Ini seperti teman saya. Dia programmer yang tekun. Suatu hari dia mengeluh prihal beban kerja yang menumpuk. “Saya mau pindah kerja aja. Di sini beban kerjanya terlalu berat. Sudah ga kuat lagi,” keluhnya.

Saya hanya berusaha mendengar. Mendengar saja. Tidak menyela, tidak membantah, juga tidak memberi solusi. Kenapa? Karena yang paling tahu tentang hidupnya, ya, dia sendiri. Lagian, dia tidak meminta pendapat saya. Mungkin dia cuma ingin menumpahkan unek-unek, begitu saya pikir.

Dua pekan lalu kami ketemu lagi. Kali ini tampak lebih santai. Tapi seperti ada sesuatu yang kurang.

“Duh, kok saya seperti udah ga dibutuhin lagi, ya,” katanya.

 “Lho, tau dari mana?” tanya saya.

“Udah beberapa hari ini bos ga ngasih tugas. Padahal yang lain kayaknya sibuk.”

Sebenarnya saya mau tertawa, tapi tidak jadi. “Mungkin kamu memang lagi dikasih waktu untuk santai. Kemarin-kemarin, kan, kamu sibuk. Nikmati aja,” kata saya, akhirnya

Teman saya ini bisa jadi contoh keanehan yang lain. Sempit salah, luang salah. Sibuk susah, santai gelisah. Dia yang dulu mengeluh tentang beban kerja, kok sekarang mengeluh karena waktu luang. Kok bisa, ya? Bukankah seharusnya dia menikmati waktu luangnya? Ah, sudahlah.

Oiya, kemarin saya ketemu lagi dengan teman itu. Dia mulai tampak senang lagi. “Ada kerjaan baru dari bos,” jawabnya, ketika saya tanya kenapa. Nah, ini berarti: saya harus bersiap mendengar keluhan selanjutnya.

2 thoughts on “Sibuk Susah, Santai Gelisah

Tinggalkan Balasan

