Review Samsung Galaxy S III Mini

Samsung Galaxy SIII Mini merupakan produk terbaru yang dirilis Samsung pada Januari 2013. Sejak awal kemunculannya, tabloid gadget yang beredar di Indonesia langsung membandingkannya dengan smartphone high end Samsung Galaxy S III. Sebuah perbandingan yang tidak pas, menurut saya. Mengingat harganya yang sekitar Rp. 3.499.000, jelas smartphone terbaru Samsung ini masuk ke jajaran midle end. Jadi, pada review ini, saya tidak akan membandingkannya dengan gadget manapun.

 

.

Isi Kotak

isi kotak SGSIIIMini

Isi Kotak SGS III Mini

Di dalam kotaknya terdapat smartphone Samsung Galaxy SIII Mini (selanjutnya disebut SGS III Mini), charger, headset, kabel USB, manual book, dan kartu garansi.

.

Desain

SGS III Mini hadir dengan dua pilihan warna, yaitu peeble blue dan marble white. Saya sendiri memilih yang warna putih. Dimensinya 121,55 x 63 x 9,9 mm dengan bobot 111,5 gram.

Sudutnya melengkung dengan desain minimalis. Di sekelilingnya ada list chrome. List ini memperburuk tampilan SGS III Mini, menurut saya. Keseluruhan material smartphone ini terbuat dari plastik. Smartphone ini nyaman dalam genggaman. Meskipun kesannya rentan kotor.

Di bagian depan, tepatnya di bawah layar, ada tombol home, menu, dan back. Di atas layar, ada kamera depan, earpiece, dan proximity sensor. Di bagian belakang ada kamera belakang, lampu flash, dan speaker. Di sisi  kanan tombol volume. Di sisi kiri ada tombol power. Di sisi atas ada lubang headset. Di sisi bawah ada port microUSB dan mikrofon.

.

Layar

SGS III Mini dibekali super AMOLED  capacitive touchscreen 4 inchi. Resolusinya 480 x 800 pixels dengan 16 juta warna. Tingkat ketajamannya sekitar 233 ppi pixel density. Respons layar halus dan akurat.

.

Operating System dan Processor

Kehadiran OS Jelly Bean 4.1.2 di smartphone ini patut diapresiasi. Ditambah lagi dengan processor NovaThor U8500 dual-core 1 GHz Cortex-A9 dan RAM 1GB. Perpaduan semuanya membuat grafis pada SGS III Mini terasa halus dan cepat. Tidak ada leg. Saya pribadi sangat puas dengan kinerjanya.

Untuk urusan menyimpan data, SGS III Mini dilengkapi dengan memori internal sebesar 8GB. Kalau masih kurang, tersedia slot microSD untuk kapasitas hingga 32GB.

SGS III Mini_popup

SGS III Mini Pop-Up Play

.

Tampilan dan Multimedia

Terdapat tujuh halaman muka di homescreen SGS III Mini. Masuk ke menu utama, semua aplikasi dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu aplikasi bawaan, widget, dan aplikasi hasil download.

SGS III Mini mendukung file audio berformat  MP3, AMR-NB, AAC/AAC+/eAAC+, WMA, OGG(Vorbis), FLAC Juga file berbagai format video, seperti H.264, MPEG-4, H.263, VC-1, WMV7, WMV8, Sorenson Spark, MP43, VP8.

.

Fitur

Fitur Direct Call memudahkan pengguna untuk melakukan panggilan. Caranya, dekatkan SGS III Mini ke telinga saat sedang melihat SMS atau detail kontak. Mau nonton video sambil nulis SMS atau cek email? Bisa menggunakan fitur Pop-Up Play.

Ada juga fitur Smart Alert. SGS III Mini akan bergetar singkat untuk memberi tahu tentang panggilan tak terjawab atau pesan-pesan baru selama si pengguna meninggalkan smartphone-nya.

Untuk mencegah ayar meredup atau terkunci selagi pengguna menatap layar, ada fitur Smart Stay. Fitur S Voice memungkinkan pengguna memerintah SGS III Mini menggunakan suara. Perintah yang dapat dilakukan seperti mengirim SMS, menelepon, memotret, dan beberapa perintah lainnya.

.

Kamera

Resolusi kamera utama 5 MP, sedangkan kamera depan VGA. Kamera utama dilengkapi lampu flash, autofocus, dan face detection. Pada kamera utama, dapat dilakukan pengaturan mengenai ISO, metering, white balance, efek (sepia dan hitam putih), exposure, timer, resolution, dan shooting mode (single shot, continous, panorama, dll). Kualitas kamera ketika dipakai membuat video adalah 720p HD video recording, 30fps.

Hasil Foto (Di ruang minim cahaya, menggunakan flash)

Hasil Foto (Di ruang minim cahaya, menggunakan flash)

Hasil Foto (Di dalam ruangan sangat minim cahaya, tanpa flash)

Hasil Foto (Di dalam ruangan sangat minim cahaya, tanpa flash)

Hasil Foto (Di luar ruangan, tanpa flash)

Hasil Foto (Di luar ruangan, tanpa flash)

.

Lain-Lain

Untuk koneksi, SGS III Mini dapat menggunakan HSDPA, EDGE, GPRS, WiFi, Hotspot, bluetooth, dan microUSB.

SGS III Mini dibekali dengan baterai 1500mAh. Jika baterai diisi penuh, untuk pemakaian biasa-biasa saja (misal: sesekali menggunakan WhatsApp, Twitter, browser, aplikasi office), maka tidak usah melakukan charger hingga sore hari. Tentang baterai, tentu ini erat kaitannya dengan cara pemakaian. Menurut saya pribadi, baterai GSS III Mini ini cukup hemat. Mungkin karena OS Jelly Bean yang tertanam di smartphone ini.

.

Kesimpulan

Untuk keperluan sehari-hari, SGS III Mini sudah cukup memuaskan. Dimensinya yang pas di kantong, membuatnya mudah dibawa ke mana-mana.

Ada yang perlu ditambahkan? Ayo berbagi🙂

4 thoughts on “Review Samsung Galaxy S III Mini

  1. Ping-balik: Review Samsung Galaxy Grand | Tarian Keyboard

  2. Ping-balik: Review Samsung Galaxy S III Mini | liliapris

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s