Review Samsung Galaxy Grand

grandd

Nyaman dan akomodatif. Itulah kesan umum saya terhadap Samsung Galaxy Grand GT-I9082. Ponsel yang dirilis pada maret 2013 ini, dibanderol dengan harga Rp. 3.999.000. Setelah menggunakannya sekitar dua pekan, inilah sharing dari saya.

Isi Kotak

isi kotak grand

–        Handset Galaxy Grand

–         Baterai

–         Charger + Kabel data

–         Headset

–         Ear bud

–         Manual

–         Kartu garansi

 

 

Desain

grand_depann

grand_belakanggSamsung Galaxy Grand terbuat dari material plastik glossy. Bobot 162 gram dan dimensinya 143.5 x 76.9 x 9.6 mm. Terdiri dari dua varian warna, yaitu biru dan putih. Sepintas, desainnya mengingatkan pada produk Samsung seri Note.

Di bagian depan, terdapat kamera depan, layar, sensor proximity, earpiece, dan dua buah tombol jenis kapasitif (tombol “back” dan “menu”), serta sebuah tombol fisik (tombol “home”). Di sebelah kanannya terdapat logo “DUOS” yang menandakan ponsel ini dapat menangani dua kartu SIM sekaligus.

Di bagian belakang terdapat kamera utama, lampu flash, dan speaker. Logo Samsung terdapat tepat di bawah kamera di bagian tengah.

Body Galaxy Grand dikelilingi list metalik. Di sisi atas terdapat port audio 3.5 mm. Di sisi kanan terdapat tombol power. Di sisi kiri ada pengatur volume. Dan di sisi bawah tersemat port micro USB yang dapat digunakan untuk melakukan charge dan transfer data.

Layar

Samsung Galaxy Grand dibekali layar sentuh berukuran 5 inchi berjenis LCD TFT. Resolusinya 480×800 pixel dengan 16 juta warna. Tingkat ketajamannya setara dengan ~187 ppi pixel density.

Dengan spesifikasi seperti itu, layar ponsel ini terkesan kurang cerah. Apalagi jika dibandingkan face-to-face dengan ponsel Samsung kelas high-end. Bahkan layar ponsel ini kalah cerah dibandingkan dengan Samsung Galaxy SIII Mini yang telah dibekali dengan layar Super AMOLED.

Itulah kesan ketika dibandingkan face-to-face. Tapi pengalaman saya, kesan seperti itu hilang saat ponsel ini digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Wajar, sudah tidak dibandingkan dengan yang lain, kan?😉 Ditambah lagi, terdapat sensor ambient light yang memungkinkan pengaturan tingkat kecerahan layar secara otomatis. Saya pribadi cukup puas dengan ponsel ini.

Sistem Operasi dan Antarmukanotifikasi

Samsung Galaxy Grand dilengkapi dengan sistem operasi Android versi Jelly Bean 4.1.2 dengan antarmuka Touchwiz Launcher Nature UX. Ada dua pilihan mode untuk antarmuka, yaitu basic dan easy mode. Jumlah halamannya dapat ditambah sampai tujuh halaman.

Di jendela notifikasi terdapat menu untuk mengatur Wi-Fi, GPS, sound, screen rotation, bluetooth, mobile data, blocking mode, power saving, dan multi window. Di bawah menu-menu tersebut, terdapat menu untuk mengatur SIM dan notifikasi.

Hardware

Samsung Galaxy Grand dibekali dengan prosesor dual-core 1.2 GHz, Broadcom Chipset VideoCore IV HW GPU, RAM 1 GB, dan internal storage sebesar 8GB. Ponsel ini dilengkapi dengan sensor accelerometer, gyro, proxymity, dan compass.

Bagi saya yang menggunakan ponsel untuk keperluan standar, seperti sarana komunikasi, akses website, youtube, social media, dan sesekali main game, ponsel ini sudah cukup. Pernah merasakan lag? Pernah, tapi jarang dan tidak mengganggu aktivitas.

Baterai dengan kapasitas 2100 mAh cukup untuk aktivitas seharian. Untuk menambah kapasitas storage, dapat menggunakan microSD hingga 32 GB.

Kamera

Samsung Galaxy Grand dilengkapi kamera utama dengan resolusi 8 MP. Kamera utama ini dapat menggunakan flash dan auto focus. Terdapat menu untuk mengatur shooting mode, effect, scene mode, exposure, timer, ISO (hingga nilai 800), dan metering. Sementara kamera depan, resolusinya 2 MP.

scene modeshooting mode

Kamera utama dapat digunakan untuk merekam hingga resolusi fullHD 1080p@30fps. Kamera depan bisa merekam dengan resolusi VGA. Hasil rekaman disimpan dalam format MP4.

Konektivitas

Samsung Galaxy Grand dilengkapi dengan fasilitas konektivitas seperti bluetooth, wi-fi, dan port micro USB. Ponsel ini mendukung jaringan GPRS, EDGE, dan HSDPA.

Dengan fitur dual sim, dua SIM GSM yang saya gunakan berjalan dengan baik. Menelepon dan SMS lancar. Namun, untuk konektivitas internet, hanya dapat menggunakan salah satu SIM.

Kesimpulan

Ponsel ini cocok untuk pemakai yang membutuhkan layar lebar dengan penggunaan standar sehari-hari.

Saya pun memutuskan menggunakan ponsel ini karena alasan tersebut. Dengan spesifikasi seperti di atas, kebutuhan sehari-hari saya terhadap ponsel sudah terpenuhi.

Ponsel ini masih cukup disimpan di saku celana jeans pria (saya tidak tahu untuk saku celana perempuan).

Untuk melindungi layar ponsel, segera melapisi dengan screen protector. Untuk melindungi body ponsel, minimal lapisi dengan soft case.

28 thoughts on “Review Samsung Galaxy Grand

  1. mas dedi, saya juga tertarik dengan galaxy grand. yang di tanyakan adalah bagaimana kondisi layar bila di bawah terik matahari, apa masih jelas terlihat?
    karena saya banyak beraktivitas di luar ruangan, mohon reviewnya atau tampilkan foto dari displaynya jika ada. terima kasih

    • bagi sy pribadi, pemakaian d ruang terbuka masih ok2 aj mas. mngkn trbantu dg fitur pengatur kecerahan scr otomatis.
      coba nanti sy usahakan update tampilan layar d bawah sinar matahari. tp sbr y mas…

    • totalnya 8 bro… tp yg 4 giga kan dipake utk sistem (instal android dll), jd sisanya 4 giga.
      hape lain jg gt, kan?🙂
      ky d laptop bro… biasanya ada storage yg kepake utk instal OS.

      • jadi yg bisa dipake cuma 4GB aja y mas?? hrs + memori external dunk? coz suka dpt notifikasi bhw memori penuh..pdhl baru beli 2 hari😦

  2. saya mw tanya,,,,,,kmren daftar paket internet,,,,sinyal jg bnyx tp kok lemot bgt ya conect interntnya,,,?apkah ad settingan trntu yg saya gk tw,,,?

    • setting standarnya udah 3G kok. klo kamu ga ngubah2 setting standarnya, ga akan berubah. dan 3G itu udah paling top utk di Indo saat ini hehee…

      klo lemot, biasanya emang paket internetnya yang lemot. provider di indonesia emang gitu. sebagai gambaran, klo sy ngenet di rumah saya… di lantai 1 lemot minta ampun. di lantai dua, baru bisa cepet. nah begitu🙂

  3. mas Dedi, kemarin saya pakai galaxy grand, dan keluar warna merah di pinggir layar kalau lagi dipakai dengan aplikasi yang agak berat. Saya kira itu ada kerusakan, tapi kata teman saya itu hanya masalah di pengaturan saja tapi dia lupa dimana…😀
    apakah mas Dedi tau dimana pengaturan untuk menghilangkan warna merah yang kadang muncul itu?
    kadang kalau di restart pasti muncul kelap kelip warna merah di sepanjang pinggir layar…
    terima kasih

  4. anjir.. gua barusan beli galaxy grand.. baru pegang 3 hari.. ehhhh tombol back sama optionnya ngadatt… terpaksa ngandang di serpis center dah.. katanya kelar 6hari.. ehh gua datangin, alasannya tetep aja “MOLOR”.. sekeren samsung.. ngatasin gitu aja lama.. parah2

  5. Mas saya punya samsung galaxy grand ini . Tetapi pas saya coba mengunduh tidak ada tampilanya dilayar atas . Bisa tolong dijawab tidak itu knapa ? Terimakasih

    • tergantung pemakaian bro. sebagai gambaran, hp saya digunakan untuk keperluan standar, pagi full batere, bisa bertahan sampe sore. malem nge-charge lagi…

      klo terus2an digunain utk ngegame atau digunain sbg sumber hotspot, ya jadi cepet abis baterenya.

  6. Mas mo tanya,
    Kl misal sim 1 khusus telp dan sms, dan sim2 khusus inet/data. Misal posisi sekarang di sim 1, setelah bls sms saya mo browsing. Nah, apakah saya perlu switch dahulu ke sim 2 br bisa browsing, atau tanpa perlu switch otomatis pake data di sim2?

    Saat sim2 aktif dan sedang browsing, apakah sim1 tadi masih bisa nerima telp atau sms? (Real time)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s