Pikir-Pikir Beli Barang Murah

Jangan membeli barang hanya karena murah!

Kalau tulisan ini berhenti di kalimat itu saja, kemungkinan banyak yang protes ya. Dibilang sok kaya lah, sok makmur lah, dan ucapan-ucapan sejenisnya hehe… Tapi beneran, sebisa mungkin jangan beli barang hanya karena murah.

Di mall, pameran, atau pasar, sering lihat barang dengan harga murah, kan? Lagi diskon katanya, lagi cuci gudang judulnya, obral besar-besaran tulisan di posternya. Ya, jangan beli barang-barang itu hanya karena harganya murah! Meski harganya cuma 10 ribu, meski harganya cuma 5 ribu!

Karena membeli barang hanya karena harganya murah berpotensi menjadikan kita bersikap boros dan mubazir. Kok bisa?

Kalau di setiap tempat itu kita melakukan aksi borong, maka sama saja bohong. Bukannya hemat, malah bisa lebih banyak keluar duit. 5000×10 = 50.000. padahal kalau kita beli di tempat yang sedikit mahal, mungkin kita hanya perlu merogoh 15 ribu.

Yang kedua, karena barang murah itu belum tentu kita butuhkan. Pembelaan kita: nanti sampai rumah bisa digunain untuk A, B, C, dan sebagainya. Padahal itu cuma pembelaan kita. Padahal kita tidak benar-benar butuh barang itu. Akibatnya, sampai di rumah, kita tidak langsung memakai barang yang kita beli itu. seminggu, dua minggu, sebulan, dua bulan terlewati. Kita belum memakai barang itu. Akhirnya barang itu berdebu, berjamur. Kita lap, lalu kita simpan di gudang… sampai rusak. Kapan kita gunakan barang murah itu? mubazir, kan?

Jadi, kalau mau beli barang, beli lah sesuai kebutuhan. Tapi, kalau suatu saat kita jalan2 di mall, lalu melihat barang kebutuhan kita sedang diobral besar-besaran? Ya, ga masyalah… sikat, Jek!

 

5 thoughts on “Pikir-Pikir Beli Barang Murah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s