Berhentilah Sebentar, Kawan

DSC_0170

Jika kau merasa hidup ini sudah terlalu sesak dengan agenda hingga tak sempat berpikir. Jika kau merasa hidup ini sudah terlalu semrawut dengan berbagai ketidakjelasan. Jika kau merasa hidup ini hanya mengulangi hari demi hari…. Maka kau harus insaf: itu tanda ketidakberesan.

Berhentilah sebentar, Kawan.

Ini hidup kita yang jalani. Hidup yang bertahun-tahun ini, harusnya dapat kita nikmati. Bisakah kau bayangkan sakitnya hidup dalam ketidaknyamanan selama bertahun-tahun?

Ini bukan soal miskin-kaya, kecil-besar, atau sejenisnya. Ini tentang ketidakberesan dalam hidup. Dan ketidakberesan ini dapat menimpa siapa saja. Bahwa ada orang yang sedikit uang bisa menikmati hidup yang beres, itu betul. Bahwa ada orang yang berlimpah uang tidak sempat menikmati hidup akibat ketidakberesan hidup, itu juga benar. Maka sadarlah, ini tentang ketidakberesan.

Berhentilah sebentar, Kawan.

Rabalah hatimu. Ia yang telah lelah menjalani ketidakberesan hidup, butuh perhatianmu juga, bukan?. Mungkin ia terluka menganga, bebatlah. Mungkin ia aus dan lusuh, basuhlah. Mungkin ia kesepian setelah sendiri terjebak dalam hari-hari yang itu-itu juga… sapalah, akrabilah, candailah, buat darah kehidupan mengalir kembali dalam tubuhnya.

 Sediakan waktu untuk merenung. Pikirkan apa yang terjadi pada hidupmu. Jika kau menemui masalah, definisikan masalah itu. Kau tidak bisa melewatkannya begitu saja. Tidak bisa. Karena telah nyata masalah itu mencipta ketidakberesan dalam hidupmu.

Mendefiniskan masalah ini penting. Karena dengan begitu, engkau dapat memikirkan solusi terbaik bagimu. Mungkin solusi itu sendiri belum tentu tepat. Tapi setidaknya, engkau telah memilih dengan sadar. Dan itu akan membuatmu lebih siap menghadapi risiko dari pilihanmu.

Ya, berhentilah sebentar, Kawan. Berhentilah sebentar. Mungkin akan kau dengar jerit hatimu meronta-ronta di balik terali ketidakberesan hidup. Bebaskan dia! Bebaskan!

3 thoughts on “Berhentilah Sebentar, Kawan

  1. Ping-balik: Selamat Tahun Baru 2014 | Tarian Keyboard

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s