File Disembunyikan Virus

Sebenarnya saya kurang suka membahas hal-hal teknis tentang komputer di blog ini. Selain karena banyak orang yang lebih jago, saya sendiri merasa tak kunjung jago hehee… Tapi, saya pikir, gak ada salahnya sharing, siapa tau ada gunanya.

Tanggal 17 November 2009, flashdisk saya dijangkiti virus. Ah, gampang, tinggal scan dengan antivirus, pikir saya. Nat, nit, nut, nat, nit, nut, begitu antivirus berbunyi, menandakan panen virus. Dan pembasmian virus berjalan dengan lancar, aman, dan terkendali :-).

Selesai?

Ternyata belum! Virus memang hilang, tapi semua data saya juga ikut hilang, termasuk file .doc (itu artinya dibuat dengan microsoft word). Haaah, gimana dengan tulisan-tulisan saya? Bagaimana dengan skripsi saya? *Ops, sorry, yang terakhir itu hanya untuk mendramatisir keadaan saja hehee

Oalah, ternyata file-file saya itu disembunyikan oleh virus. Hal ini saya ketahui setelah memunculkan file-file yang di-hidden (Tools-> Folder Option-> View-> Show hidden files and folders). Nah, untuk memunculkan file-file yang disembunyikan oleh virus, salah satu cara yang paling mudah adalah seperti ini:

  1. Buka jendela Command Prompt

    Caranya terserah, mau minta bantuan temen, mau minta tolong ama penjaga warnet, apa mau pake tangan sendiri (klik Start-> Run-> ketik “cmd”, trus enter)

  2. Di halaman Command Prompt itu, ketikkan direktori flashdisk kita. Misalnya flashdisk kita di drive F, maka ketikkan “F:” (jangan lupa “titik dua”-nya)
  3. Setelah itu, ketikkan: attrib -s -h *.* /s /d (Perhatikan spasinya) lalu enter.
  4. Tunggu beberapa saat, sampai direktori flashdisk kita terlihat kembali di Command Prompt.

Selamat mencoba. Semoga tulisan ini membuat kita tidak terburu-buru melakukan format ketika flashdisk kita diserang virus.

12 thoughts on “File Disembunyikan Virus

  1. kalo kasusnya bgini bagaimana :
    – sebuah komputer yang didiagnosa berpenyakit masih bisa booting sampe kluar windows.
    – tapi begitu sampai di dekstop, semua menu dan toolbarnya ilang.
    – pencet windows ga kluar, task manager disable.
    – ga ada optical drive, karna netbook, jadi ga bisa dihajar pake cd windows bajakan, he..
    – gimana cara ngilangin virusnya, ato booting pake device lain?
    Thankyou master.. 🙂

  2. @Bang Aswi
    Siiiip lah
    sami-sami 🙂

    @Rahmah + Uni
    Sama-sama, moga bermanfaat 🙂

    @Pipiew
    wew, susah bener hehee…
    ada yang bisa booting pake flashdisk katanya, tapi saya juga belom pernah nyoba T_T
    emmm, coba bawa ke service centernya 😀
    hehee.. maap ga tau triknya…

    @Mas Anto
    oh, gitu ya, mas. iya, sekarang emang banyak tools buat ngembaliin file yang hilang.

    @Antokoe
    yo i… betul banget 🙂

    @Accan
    yupz, salam kenal juga 🙂

    @Kumanz
    sok atuh, mangga. heheee… kemaren2 lagi tiarap 😀

  3. nah gitu dunk kang dedi
    banyak2 share tentang IT juga..
    hehe
    tapi yang ringan2 aja
    seputar masalah seperti ini

    makasi ya kang
    ditunggu info selanjutnya
    🙂

Tinggalkan komentar